B2P2BPTH, MENDUKUNG KEBIJAKAN KLHK DALAM PENGEMBANGAN JENIS UNGGULAN UNTUK HUTAN TANAMAN

ADMIN | Jumat , 8-Feb-2019

YOGYA (biotifor.or.id) – Kepala B2P2BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi, MP, menyampaikan bahwa berbagai hasil litbang yang telah dilahirkan B2P2BPTH, turut mendukung kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengembangan jenis-jenis unggul untuk hutan tanaman.   Hal tersebut disampaikan Nur Sumedi pada saat memberikan sambutan kunjungan field trip mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Kamis (07/02/2019).

“Persoalan utama bidang kehutanan terutama di hutan tanaman adalah produktivitas yang rendah, disamping memang secara nasional hutan kita menyusut. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas hutan,” tutur Nur Sumedi.

Produktivitas hutan dapat ditingkatkan salah satunya dengan pemuliaan tanaman hutan. “Pada akhirnya kita dapatkan benih unggul,” kata Kepala Balai Besar yang baru beberapa minggu melaksanakan tugas di Jogja ini.

Nur Sumedi berharap dengan kedatangan adik-adik mahasiswa di B2P2BPTH ini bisa mendapatkan tambahan ilmu dan inspirasi untuk merajut masa depan, baik untuk menyelesaikan kuliah maupun nanti ketika memasuki dunia kerja.

Sementara itu menurut salah seorang dosen yang menyertai kunjungan, Ir. Suwardi, MP menyampaikan bahwa pada Program Studi Teknik Produksi Benih Jurusan Produksi Pertanian ini biasanya mahasiswa hanya mengenal komoditi seperti padi, serealia dan hortikultura. “Oleh karena itu kami memandang sangat perlu untuk melengkapi pengetahuan mereka dengan berkunjung ke B2P2BPTH ini,” tegas dosen dengan bidang keahlian Produksi Pertanian ini.

Ia meminta kepada mahasiswa peserta field trip untuk benar-benar memanfaatkan kunjungan kali ini dan gali informasi sebanyak-banyaknya. “Mahasiswa kami ini adalah mahasiswa D4, peran kampus politeknik ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga yang siap bekerja. Saat ini Politeknik Negeri Jember juga sudah ada Program S2 Terapan, bahkan ke depan apabila sudah mampu dan ada sumber daya manusianya akan di buka S3 Terapan,” lanjut Suwardi.

Suwardi menambahkan bahwa ilmu para mahasiswa ini akan lengkap kalau sering berinteraksi dengan dunia penelitian, dengan institusi-institusi pemerintah terkait, dengan private company dll. “Bahkan anak-anak kami ini selama 2 semester berada di luar kampus,” kata dosen kelahiran Sumenep ini.

Untuk memeriahkan suasana, pada penyambutan dan sesi pengenalan institusi B2P2BPTH peserta kunjungan yang berjumlah 86 mahasiswa tingkat akhir ini mendapatkan beberapa beberapa pertanyaan dari Kepala B2P2BPTH. Beberapa mahasiswa yang berhasil menjawab dengan baik pertanyaan yang diajukan mendapat souvenir cantik dari B2P2BPTH.

Sesi berikutnya mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan berkunjung ke beberapa fasilitas yang ada, yaitu di Laboratorium Genetika Molekuler, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Bioenergi dan persemaian Tanaman Langka. Pada masing-masing fasilitas tersebut peserta field trip mendapat penjelasan dari tim peneliti terkait.

“Kami menjadi lebih memahami tentang bioenergi, ternyata dapat dihasilkan dari bahan nabati,” tutur salah seorang peserta, Anggita Tiara Sari. Sementara itu menurut temannya, Tri Marta Indah Lestari mengatakan bahwa ia merasa senang karena bisa mendapatkan informasi mengenai nyamplung yang berpotensi untuk digunakan sebagai bahan baku biodiesel. “Harapannya produk dari nyamplung ini dapat diproduksi secara komersial,” tutur Tri.

“Ilmu yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa dalam proses belajar khususnnya pada tanaman hutan dibidang konservasi, pemuliaan dan bioteknologi,” ujar Fendi.

Sedangkan salah seorang laboran Politeknik Negeri Jember yang turut serta, Nisa Budi A. menyampaikan bahwa cukup banyak materi yang diberikan pada mahasiswa dengan disertai praktek.

“Kedepan, perlu adanya kerja sama baik pelatihan bagi kami teknisi di laboratorium Politeknik Negeri jember dan kerjasama dalam mengembangkan iptek melalui penelitian dan seminar untuk menambah wawasan kami,” harapnya.(mna)

 

Editor : Priyo Kusumedi

 

 

Foto : Dok. B2P2BPTH/mna-ds