KELOLA SAMPAH BAIK DAN BIJAK, KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP MENINGKAT

ADMIN | Selasa , 26-Feb-2019

YOGYA (biotifor.or.id)  Sampah merupakan salah satu pemicu dan pemacu penurunan kualitas lingkungan hidup dan ekosistem. Untuk itu sejalan dengan tema Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 yaitu “Kelola Sampah untuk hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”, hal itu mengandung pesan bahwa pengelolaan sampah dengan baik dan bijaksana akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas kehidupan yaitu kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan bernilai yang akan dinikmati masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gunungkidul Dr. Drs.H.Immawan Wahyudi, MH., saat memberikan sambutan tertulis Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos. pada apel pagi dalam rangka Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 diselenggarakan di Pantai Kukup, Gunungkidul, Kamis (21/2/2019).

“Maka saya berharap khususnya kepada warga yang beraktifitas di Obyek Wisata mulai melakukan gerakan nyata dalam mengelola sampah secara tepat dan mandiri sehingga gerakan ini akan menjadi karakter dan budaya masyarakat Gunungkidul yang patut diteladani,” lanjut Wahyudi.

Agus Priyanto SH.MM Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul dalam laporannya juga menyampaikan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 sesuai surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor E.2/MenLHK/PSLB3/PLB.0/2/2018 tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Peringatan HPSN ini merupakan agenda Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul. Kegiatan di salah satu tempat wisata favorit ini didukung dan dihadiri melalui Apel Pagi Bersama oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Forkompinda, OPD Kabupaten Gunungkidul, Dinas Lingkungan Hidup DIY, JPSM se DIY, Sekolah Adiwiyata, Pokdarwis Pantai Kukup dan Komunitas Pemancing Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, TNI-Polri, Dimas Diajeng Gunungkidul, Pokdarwis Pantai Kukup, Perkumpulan Yogyakarta Green and Clean (PYGC) dan lain-lain.

Partisipasi dari KLHK melalui unit armada Modul Keliling dan petugas memberikan berbagai media publikasi dan juga games edukasi kepada pengunjung, mengenai wawasan lingkungan dan cara menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan bernilai yang juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk menyambut HPSN tahun ini, beberapa event pendukung sudah digelar. Yaitu bersih pantai dan pelatihan daur ulang. Kegiatan Jumat Wage dan Jumat Legi yang rutin dilakukan 150 pedagang di Pantai Kukup menjadi momentum pelatihan dan reresik

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH), Yogyakarta, sebagai salah satu UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), ikut partisipasi pada Peringatan HPSN 2019, yang tergabung bersama Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) dan UPT KLHK lingkup D.I. Yogyakarta, yaitu, Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Balai PDASHL SOP, Balai KSDA Yogyakarta, Balai PKH Wilayah XI Yogyakarta.

Setelah melaksanakan apel bersama, dilanjutkan gerakan Gropyok sampah di sekitar lokasi Pantai Kukup dan sarasehan dengan tema “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” dan nara sumber Ir. Bleduk B.Siwi (DLHK DIY), Suwartinah,M.Si (Ekoregion Jawa), Dr. Drs.Immawan Wahyudi,MH (Wakil Bupati) dan Agus Priyanto,SH.MM (Kadis LH Gunungkidul) serta moderator Mujiyana.SP.MA (Kabid Pengendalian,Pencemaran dan Pengembangan Kapasitas.**EW

Editor: Priyo Kusumedi

Foto: BBPPBPTH | Edy Wibowo | 2019