EMPAT PENELITI B2P2BPTH MASUK JAJARAN PENGURUS HIMPENINDO DIY PERIODE TAHUN 2019-2024

ADMIN | Jumat , 3-Mei-2019

YOGYA (biotifor.or.id) – Empat orang peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta, masuk dalam jajaran pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO) DIY periode tahun 2019-2024. Susunan kepengurusan ini dikukuhkan di Di Auditorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, Jumat (26/04/2019).

Keempat peneliti itu adalah Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut.,MP (Sekretaris), Yayan Hadiyan, S.Hut.,MP (Koordinator Bidang Kemitraan dan Kerjasama), Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP (Anggota Bidang Pembinaan dan Pengembangan SDM) dan Yohanes Wibisono, S.Hut., M.For.Ecosys.Sc. (Anggota Bidang Diseminasi Hasil Litbang dan Rekomendasi Kebijakan).

Menurut Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP, HIMPENINDO DIY  sebagai wadah tunggal organisasi peneliti di Yogyajarta dan Indonesia diharapkan menjadi pemersatu aspirasi/gagasan/ide cemerlang dari para peneliti. “Hasil-hasil riset maupun kajiannya akan menjadi pijakan tehadap kebijakan pemerintah dengan selalu bersinergi dalam aktivitasnya sebagai peneliti”, kata Prof. Budi.

Sementara itu, menurut Yayan Hadiyan, S.Hut.,M.Sc., Himpenindo DIY bisa menjadi sarana membuka wawasan lebih kaya dan komprehensif mengenai topik dan aksi-aksi riset kita ke depan. “Pintu untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam berbagai hal, antar unit litbang lingkup DIY, sudah terbuka lebar”, tambahnya.

Lebih lanjut Yayan menyampaikan, di sisi lain organisasi ini adalah satu wadah profesi  berperiode jangka panjang dan lingkup komunitas yang cukup besar, karena anggotanya bisa peneliti ASN juga Non ASN dari berbagai disiplin ilmu dan beragam instansi. Selain itu, status keanggotaannya tidak dibatasi oleh karena kita pensiun sebagai ASN, sehingga ilmu dan keahlian yang dimiliki peneliti masih dapat terus diabdikan melalui organisasi ini.
“Terakhir, HIMPENINDO juga dapat menjadi alternatif sarana pembinaan dan pembangunan strategi karir peneliti di masa datang”, pungkas Yayan.

HIMPENINDO adalah organisasi profesi peneliti Indonesia, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN. Organisasi ini bertujuan menciptakan peneliti profesional, peningkatan kapasitas dan kompetensi, serta penegakan etika Peneliti dan kepenelitian. HIMPENINDO telah ditunjuk oleh instansi pembina Jabatan Fungsional Peneliti, yakni Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai wadah tunggal organisasi profesi peneliti berdasarkan Peraturan LIPI No.14 tahun 2108.

Keberadaan Pengurus HIMPENINDO DIY Periode 2019-2024 dikukuhkan oleh Wakil Ketua Pengurus Pusat HIMPENINDO Prof.Husein Avicenna Akil. Selain tiga pengurus harian, dan lima koordinator, terdapat 16 personal Pengurus yang ikut dikukuhkan. Dengan terbentuknya kepengurusan HIMPENINDO DIY diharapkan dapat meningkatkan kompetensi peneliti DIY melalui pemahaman regulasi jenjang karir peneliti dan kerja sama penelitian.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) hasil Kongres II HIMPENINDO Pusat tanggal 31 Oktober 2018 di Jakarta, mengamanatkan adanya kepengurusan HIMPENINDO Provinsi. Sebagai tindak lanjut dari amanat tersebut, Musyawarah I Himpenindo DIY yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019 di Auditorium Sekolat Tinggi Nuklir Nasional (STTN) BATAN Yogyakarta berhasil menyusun kepengurusan Himpenindo DIY Periode Tahun 2019-2024 sebagai berikut:

Ketua : Prof.Dr.Ir.Gunawan,MS
Sekretais : Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut.,MP.
Bendahara : Kurnianita Triwidiastuti, S.Pi.,M.A
Selain itu terdapat lima Koordinator, yaitu:
1.    Kordinator dari masing-masing bidang yaitu Koordinator bidang Diseminasi Hasil Litbang dan Rekomendasi Kebijakan: Dr.Asep Nurhikmat.
2.    Kordinator bidang Komunikasi dan Informatika (Humas): Ir. Muhamad Kurniadi, MTA.
3.    Kordinator bidang Pembinaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia: Prof. Dwi Eny Djoko Setyono.
4.    Kordinator bidang Pengembangan Budaya dan Kearifan Lokal: Dr.Istiana Hermawati,S.Pd.,M.Sos.serta.
5.    Kordinator bidang Kerjasama dan Kemitraan: Yayan Hadiyan, S.Hut.,M.Sc.

Selain pengurus terpilih, acara juga dihadiri oleh kurang lebih 150 orang peneliti berasal dari 19 (sembilan belas) satuan kerja penelitian dan pengembangan se-DIY yang tergabung dalam HIMPENINDO. Setelah acara pengukuhan, Pengurus dan Peneliti mendapatkan pencerahan mengenai (1) Pemahaman Peraturan Jabatan Fungsional Peneliti oleh Prof. Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, dan (2) Kiat-kiat Menyusun SKP dan Memenuhi HKM (Hasil Kinerja Minimal) bagi Peneliti yang disampaikan oleh Dr. Ir. Tri Marwati, M.Si.(mna)

 

Editor : Priyo K.

 


 

Foto : dok. B2P2BPTH