Forestry Leadership School Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM

ADMIN | Sabtu , 20-Juli-2013

Untuk itu dibutuhkan pemimpin yang memiliki kecermatan dalam membaca persoalan menjadi bekal penting untuk mampu memahami situasi sebaik-baiknya. Dengan pengetahuan, pemahaman, kepekaan dan kecermatan melakukan identifikasi suatu persoalan, diharapkan dapat meretas sejumlah alternatif solusi bagi persoalan yang sedang dihadapi.


Dalam rangka membekali mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM agar mampu meningkatkan kepekaan, pengetahuan dan pemahaman serta pembentukan karakteristik dan jiwa seorang pemimpin, Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM mengadakan Forestry Leadership School. Tema kegiatan kali ini adalah “Membentuk Jiwa Kepemimpinan sebagai Bekal Diri menjadi Pemimpin di Masa Depan”.  Selain para pengurus Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan, peserta acara ini adalah mahasiswa Fakultas Kehutanan Angkatan 2012.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa hari, bertempat di Kampus Fakultas Kehutanan UGM. Pada hari Selasa (28/5) adalah hari terakhir, dengan melakukan kunjungan ke Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH).  Acara dibuka oleh Kepala BBPBPTH (Dr. Ir. Amir Wardhana, M.For.Sc.). Dalam sambutannya Dr. Ir. Amir Wardhana, M.For.Sc. mengatakan bahwa lembaga ini (baca BBPBPTH) terbuka bagi siapa saja yang menginginkan, terutama mahasiswa yang melakukan penelitian. Dalam sambutan balasannya Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM (Azwar Najib Alhafi) mengatakan,“Harapan kami ke depan, semoga dengan berkunjung ke BBPBPTH, teman-teman mahasiswa dapat menggali segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan manajerial yang dilaksanakan oleh Balai ini”. 

Untuk memberikan gambaran tentang BBPBPTH dan kegiatan yang dilakukan, disampaikan Sekilas BBPBPTH oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi (Ir. Dyah Nurhandayani, M.Sc.). Kemudian materi Manajerial Instansi oleh Dr. Ir. Amir Wardhana, M.For.Sc. Setelah pemaparan materi tersebut, acara dilanjutkan kunjungan ke Laboratorium Genetika Molekuler dibawah bimbingan Dr. AYPBC Widyatmoko, M.Agr., sedangkan Ir. Sugeng Pudjiono, MP. membimbing peserta di arboretum dan persemaian.(mna)