Hilirisasi Hasil-Hasil Penelitian Melalui Supermarket Benih Unggul Pohon Tropis (Biotiformart)

ADMIN | Kamis , 25-Juli-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 24/07/2019)_Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc sangat mengapresiasi apa yang telah Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Litbang BPTH) yaitu Hilirisasi Hasil-Hasil Penelitian Melalui Supermarket Benih Unggul Pohon Tropis (Biotiformart).

Hal itu dikatakan Kabadan saat memberikan arahan pada Pembinaan dan Pencanangan Masterplan Hilirisasi Hasil-Hasil Penelitian Melalui Supermarket Benih Unggul Pohon Tropis (Biotiformart), di Ruang Seminar Balai Besar Litbang BPTH, Rabu (24/07/2019).

Terkait konsep Badan Litbang dan Inovasi ke depan, saya pernah menyampaikan diantaranya Triangle Strategi. Salah satu dari tiga strategi itu adalah strategi marketing,  lanjut Kabadan. Kabadan melihat permasalahan marketing ini ternyata sudah mulai digarap oleh Balai Besar Litbang BPTH. “Saya harap hal ini juga dilakukan di balai-balai lain,” pinta Kabadan.

Kabadan menjelaskan, dalam strategi marketing ada tiga elemen penting yaitu positioning, branding dan differentiation, dan tiga hal ini harus diidentifikasi terlebih dahulu. “Saat ini Balai Balai Besar Litbang BPTH telah melakukan sebuah lompatan. Balai ini sudah memetakan kekuatannya ada di mana, dengan benih unggul pohon tropis menjadi salah satu kekuatan,” ujarnya.

Elemen penting yang kedua adalah branding. “Kalau bisa branding ini untuk jangka panjang atau selamanya,” sambung Kabadan.

“Yang ketiga adalah differentiation, Balai ini sudah melakukan hal yang benar, dengan melihat apa yang berbeda dari hasil-hasil penelitiannya atau produknya dibandingkan dengan yang lain, yaitu dengan membuat supermarket benih unggul pohon tropis,” imbuhnya. Menurut Kabadan apa yang telah dilakukan ini adalah strategi yang jitu, kemudian perlu didorong dan yang terpenting adalah bagaimana menggarap supermarket benih unggul ini bisa mendunia.

Apa yang disampaikan oleh Kabadan itu selaras dengan yang dikatakan sebelumnya oleh Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP, bahwa dalam pemikirannya agar hasil-hasil penelitian Balai Besar Litbang BPTH benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu juga bagi institusi yang lain, yaitu dengan melakukan hilirisasi dan didalamnya tentunya ada komersialisasi.

“Seperti harapan dan keinginan kita semua untuk mengembangkan institusi ini ke arah pengembangan yang lebih operasional, lebih tepatnya adalah kita ingin menekankan kepada hilirisasi hasil-hasil penelitian,” jelas Nur Sumedi.

“Hilirisasi Hasil-Hasil Penelitian Melalui Supermarket Benih Unggul Pohon Tropis (Biotiformart) ini bisa menjadi model karena melalui konsep ini bisa dilakukan penjualan secara on line dan bahkan saya harapkan bisa masuk didalam market place,” harap Kabadan.

Ke depan diharapkan apa yang dipasarkan tidak hanya benih unggul tetapi juga produk-produk lain yang dapat dipasarkan ke seluruh dunia. “Harapan saya ini bukan hal yang mustahil tetapi dengan kerja keras Balai Besar Litbang BPTH sudah memulai dan insya Allah akan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang sebesar-besarkan dibidang penelitian khususnya di KLHK,” pungkas Kabadan.***(mna)

Dokumentasi: MNA

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index