PRESS RELEASE : 5th INAFOR 2019 THEME 4

ADMIN | Sabtu , 24-Agust-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 15/08/2019) Diseminasi hasil penelitian dan pengembangan adalah salah satu kewajiban Badan Litbang dan Inovasi (BLI). Penyelenggaraan seminar adalah bagian dari cara mengkomunikasikan hasil-hasil yang telah dicapai kepada masyarakat umum dan dunia internasional. Hal tersebut dilakukan dengan penyelenggaraan Konferensi Internasional Peneliti Kehutanan Indonesia V Expo - 2019 atau The 5th International Conference of Indonesia Forestry Researchers (INAFOR).

Event besar INAFOR 2019 berlangsung pada tanggal 27 s/d 30 Agustus 2019 di IPB International Conference Center Bogor. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Litbang BPTH) menjadi bagian pelaksana konferensi dengan tema “Mengelola sumber daya genetik hutan dalam perubahan alam dan lingkungan” (Managing Forest Genetic Resources in Changing Environment and Lanscapes) yang akan dilaksanakan pada hari ketiga, 29 Agustus 2019 dimana merupakan kolaborasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH) Ciheuleut dan Perum Perhutani Cepu.

Pemilihan tema tersebut berdasarkan pada keprihatinan akan penggunaan sumber daya genetik hutan yang berlebihan sehingga mempengaruhi keseimbangan alam dan lingkungan. Pada saat hutan alam dan perkebunan di negara-negara tropis termasuk Indonesia mengalami perubahan besar. Istilah Sumber Daya Genetik Hutan digunakan untuk mengakomodasi hutan alam dan hutan tanaman. Pemanfaatan berlebihan dan  berkurangnya hutan hujan tropis telah meningkatkan ancaman terhadap flora dan fauna spesies asli. Oleh karena itu penelitian memainkan peran penting untuk mengurangi kerugian tersebut.

Konferensi ini dimaksudkan untuk menerbitkan karya ilmiah terbaru di bidang sumber daya genetik hutan yang terbagi dalam 3 sub tema yaitu : 1) Pendekatan terhadap perubahan faktor biotik (Approaches towards changing biotic factor) ; 2) Pendekatan terhadap perubahan faktor  abiotik (Approaches towards changing abiotic factor); 3) Pendekatan perubahan kebutuhan industri (Approaches towards changing industrial need). Pembagian tiga tema ini dimaksudkan untuk mengakomodir penelitian tentang pengaruh komponen hidup (biotic), komponen tidak hidup (abiotic) terhadap keanekaragaman hayati dan keberlanjutan sumber daya serta penelitian tentang teknologi dan proses produksi yang peduli pada lingkungan.

Konferensi INAFOR 2019 tema 4 ini dimaksudkan sebagai media pertemuan ilmiah bagi para ilmuwan di bidang kehutanan khususnya sumber daya genetik hutan baik dari sektor pemerintah maupun swasta di Indonesia serta dunia internasional. Konferensi ini diikuti oleh ± 200 peserta dari berbagai negara yang diundang khususnya peneliti di bidang kehutanan, mahasiswa, dosen, pemerhati kehutanan dan praktisi Kehutanan yang berasal dari perusahaan swasta, BUMN, NGO, Instansi Pemerintah dan Instansi Litbang lainnya yang terkait dengan Kehutanan.

Pada sesi plenary hadir keynote speakers antara lain : Senior scientist dari  Forests & Environment Programme of  Centre of Forestry Research (CIFOR);  Lecturer dari ETH Zurich- Swiss Federal Institute of Technology; Professor dari University of Tsukuba, Japan ; Profesor riset teknologi perbenihan tanaman hutan dari BP2TPTH Ciheuleut; Peneliti senior bidang genetika molekuler dan pemuliaan tanaman dari Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta serta Peneliti senior jati dari Pusat Litbang Perhutani.  Dalam agenda, yang bertindak selaku moderator sesi plenary adalah Dr. Ir. IB. Putera Prathama, M.Sc dan Dr. Henry Bastaman, MES.

Pada acara ini akan diadakan side event berupa penandatanganan perjanjian kerjasama Balai Besar Litbang BPTH dengan para pihak serta side event besar lain diantaranya open day yang dilaksanakan di kampus Litbang Bogor pada hari terakhir yang diharapkan dapat lebih menyemarakkan acara.***(EDL).

 

 


 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index