BERTEKAD MENINGKATKAN KONTRIBUSI BAGI PEMBANGUNAN LHK, BALAI BESAR LITBANG BPTH JALIN KERJA SAMA DENGAN BEBERAPA MITRA

ADMIN | Selasa , 27-Agust-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 27/08/2019)_Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Balai Besar Litbang BPTH), bertekad meningkatkan kontribusi bagi pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan para pihak.

“Kegiatan kerja sama adalah bagian ikhtiar dari institusi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Indonesia,” ujar Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP usai menandatangani nota kesepahaman, Selasa (27/08/2019). Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan dalam rangkaian acara pembukaan The 5th International Conference of Indonesia Researchers Forestry (INAFOR) 2019, di IPB International Convention Center (IICC).

Lebih lanjut Nur Sumedi mengatakan bahwa bagi Balai Besar Litbang BPTH kerja sama ini juga merupakan penerapan hasil iptek oleh pengguna baik pemerintah daerah, perguruan tinggi maupun masyarakat. “Ini sejalan dengan program hilirisasi yang sedang kita tekankan,” tegas Nur Sumedi.

Beberapa institusi yang menjalin kerja sama dengan Balai Besar Litbang BPTH adalah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Politeknik Negeri Jember dan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta.

Kerja sama yang dilakukan antara Balai Besar Litbang BPTH dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yaitu Pembangunan Sumber Benih Sengon (Falcataria moluccana) Kelas Kebun Benih Semai dan Areal Produksi Benih di Jawa Timur. Tujuan kerja sama ini adalah untuk memberdayakan potensi kedua belah pihak dalam rangka pemenuhan kebutuhan benih bersertifikat di Provinsi Jawa Timur.

Lokasi pembangunan sumber benih tanaman hutan kelas Kebun Benih Semai akan dilaksanakan di Desa Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Jawa Timur, seluas 1,4 hektar. Pembangunan Areal Produksi Benih akan dilaksanakan di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Jawa Timur seluas 1 (satu) hektar.

Institusi berikutnya adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, kerja sama ini merupakan kegiatan lanjutan tentang Pembangunan Plot Penelitian dan Pengembangan Pemuliaan Tanaman Hutan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010, kemudian diperbaharui pada tahun 2016, selanjutnya diperbaharui lagi pada tahun 2019 ini.

Ruang lingkup kerja sama meliputi Kegiatan Penelitian Konservasi Ex-Situ Jenis Shorea stenoptera (lanjutan), Konseruasi Ex-Situ Jenis Shorea leprosula (lanjutan), Konservasi Ex-situ Jenis Instia bijuga (lanjutan), Pembangunan Sumber Benih Jenis Calliandra calothyrsus dan Pembangunan Uji Perolehan Genetik Jenis C calothyrcus.

Kegiatan Pengembangan (lanjutan) meliputi Pembangunan Sumber Benih Acacia auriculiformis, Pembangunan Uji Perolehan Genetik A. Auriculiformis dan Pembangunan Uji Keturunan Leucaena leucochaple. Sedangkan kegiatan pengembangan dengan jenis baru adalah Pembangunan Sumber Benih Jenis Sengon, Nyamplung dan Malapari.

Selain kerja sama dengan pemerintah daerah, Balai Besar Litbang BPTH melakukan kerja sama dengan intitusi pendidikan yaitu Politeknik Negeri Jember dan Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta. Kerja sama ini tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Bidang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

Tujuan kerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan profesionalisme melalui penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, konsultasi dan bimbingan teknis, serta kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang bioteknologi dan pemuliaan tanaman hutan.

Menurut Dekan INSTIPER Yogyakarta, Ir. Sugeng Wahyudiono, MP., kerja sama dengan Balai Besar Litbang BPTH sangat penting untuk dilaksanakan. Mengingat bahwa rimbawan di KLHK sebagian adalah alumni INSTIPER, untuk itu ia meyakini dengan kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas sarjana kehutanan yang dihasilkan.

Sugeng juga menjelaskan akan menginventarisir kegiatan-kegiatan penelitian yang dapat dilakukan secara bersama-sama antara INSTIPER dengan Balai Besar Litbang BPTH, agar penelitian yang dilakukan lebih sinkron dan bermanfaat bagi masyarakat.

Di akhir wawancara Nur Sumedi berharap setiap nota kesepahaman yang dilakukan dapat berjalan lancar, memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan memperkuat rasa saling percaya dengan para pihak.***(mna)


Dokumentasi : MNA, CBP





 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index