PENELITI SENIOR BABES LITBANG BPTH RAIH INNOVATION AWARD BADAN LITBANG DAN INOVASI 2019

ADMIN | Kamis , 29-Agust-2019

Balai Besar Litbang BPTH (Yogya, 27/08/2019)_ Salah seorang peneliti senior Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Balai Besar Litbang BPTH), Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc. berhasil meraih Innovation Award Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019, untuk kategori Progressive Scientist Award. Penghargaan Innovation Award  diberikan oleh Kepala BLI, Dr. Agus Justianto dalam rangkaian acara pembukaan The 5th International Conference of Indonesia Researchers Forestry (INAFOR) 2019, di IPB International Convention Center (IICC), Selasa (27/08/2019).

Pada Innovation Award 2019 ini terdapat empat kategori penghargaan inovasi yang diberikan, yaitu Progressive Scientist Award; Scientist Life Time Achievement Award; Research and Development Implementation Award – Community Group Category; dan Research and Development Implementation Award – Echelon One KLHK Category.

Saat ditemui kru biotifor.or.id usai menerima anugerah Innovation Award Arif berkata, “Pertama saya sampaikan terima kasih atas kerjasama dan dedikasi yang tinggi Tim Penelitian yang telah bersama-sama melakukan pemuliaan tanaman di Balai Besar Litbang BPTH.”

Lebih lanjut Arif menjelaskan penghargaan ini merupakan tantangan baru baginya untuk lebih meningkatkan kembali dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam bidang pemuliaan tanaman hutan, khususnya terkait dengan kepentingan user di industri hilir sebagai pengguna produk benih unggul jenis-jenis Acacia dan Eucalyptus dan juga masyarakat pada umumnya.

“Inovasi-inovasi dalam bentuk paket IPTEK dalam proses pemuliaan tanaman hutan yang efektif dan efisien serta eco-friendly juga menjadi tantangan ke depan terkait dengan kelestarian sumber saya genetik, produktivitas dan tekanan biotik dan abiotik,” ujarnya disela-sela mengikuti acara.

Menurut peneliti yang memiliki kepakaran Genetika dan Pemuliaan Tanaman ini, berharap untuk bisa berkerjasama dan bersinergi dengan peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan kepakaran. Hal ini untuk mendorong kesiapan terapan teknologi atau yang sering disebut Technology Readiness Level (TRL) hasil pemuliaan tanaman hutan yang sudah dicapai ke ranah industri hilir terkait.

“Saya berharap dengan inovasi-inovasi baru yang selalu hadir dari para peneliti Babes Litbang BPTH akan menjadi bukti kesiapan lembaga litbang ini untuk semakin memiliki daya saing dalam bidang genetika, bioteknologi dan pemuliaan tanaman hutan secara nasional dan global,” harap peneliti asal Pacitan ini.

Masih menurut Arif, Innovation Award ini mewakili inovasi hasil riset bidang perbenihan tananan hutan (PTH) terkait areal sumber daya genetik (ASDG), pemuliaan tanaman hutan dan benih unggul. “Semoga PTH semakin mendapatkan pengakuan sebagai sektor yang strategis untuk pembangunan bangsa melalui inovasi-inovasi baru berdaya saing tinggi dan memiliki dampak ekonomi, ekologi dan sosial,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi.,MP yang ditemui secara terpisah menyampaikan pertama mengucapan selamat kepada Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc atas penghargaan yang diraihnya. Kedua, penghargaan ini merupakan amanah dan pendorong agar memberikan karya yang lebih cemerlang. 

“Bagi peneliti lain, ini juga merupakan cermin sekaligus pemotivasi untuk berkinerja lebih baik, termasuk kesadaran bahwa kerja kita dilihat dan ditunggu hasil-hasilnya oleh berbagai pihak di luar institusi,” ujar Nur Sumedi.

Beberapa karya Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc bersama tim, dan telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian yaitu:

1.     Jenis Tanaman Akasia, nama varietas Purwo Sri Ah044, dengan sertifikat nomor 645/PVHP/2018, tanggal 12 Oktober 2018

2.     Jenis Tanaman Eukaliptus, nama varietas Purwo Bersinar Ep006, dengan sertifikat nomor 646/PVHP/2018, tanggal 12 Oktober 2018

3.     Jenis Tanaman Eukaliptus, nama varietas Purwo Bersinar Ep007, dengan sertifikat nomor 647/PVHP/2018, tanggal 12 Oktober 2018

4.     Jenis Tanaman Eukaliptus, nama varietas Purwo Bersinar Ep014, dengan sertifikat nomor 648/PVHP/2018, tanggal 12 Oktober 2018

Selain itu, Arif juga aktif sebagai narasumber pada pertemuan-pertemuan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh BLI dan eselon I lain di KLHK, maupun pertemuan tingkat nasional di luar KLHK, dan masih banyak prestasi-prestasi lainnya.***(mna)





 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal          : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index