Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
 
 
 
 
Kepakaran Kami : Melakukan Penelitian di Bidang Bioteknologi Hutan dan Pemuliaan Tanaman Hutan
BERITA & PENGUMUMAN  

Senin, 31-Agust-2015 10:59:41

Laboratorium kultur jaringan BBPBPTH mulai beroperasi sejak tahun 1985. Teknik kultur jaringan yang telah diaplikasikan adalah teknik kultur tunas aksiler dan embriogenesis somatik. Fokus penelitian diarahkan pada (1). penelitian kultur jaringan untuk mendukung penelitian perbanyakan jenis-jenis unggul hasil pemuliaan pohon (T. grandis, A. mangium, E.deglupta, E. urophylla, E. pellita, A. scholaris); (2) untuk mendukung pelestarian tanaman jenis langka (S.album, V. tricolor); dan (3) untuk mendapatkan klon unggul tanaman hutan yang toleran terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan (V. cofasus) dan toleran terhadap hama-penyakit (F. molucana). Dalam perkembangannya, sarana dan prasarana laboratorium yang dimiliki semakin lengkap dan canggih sehingga laboratorium ini dapat mendukung kegiatan kerjasama dan pelatihan bagi teknisi, peneliti dari instansi pemerintah, swasta, Perguruan Tinggi terkait, bahkan dari Lembaga Penelitian dari luar negeri. Sebagian hasil kegiatan penelitian pada laboratorium ini ditanam pada plot uji lapang di Purwobinangun dan plot uji lapang di areal KHDTK BBPBPTH Yogyakarta yang dibangun di Gunung Kidul dan Wonogiri. 
 
Senin, 24-Agust-2015 16:23:00

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) kembali berpastisipasi pada Pameran Ekspose Perbenihan DIY tahun 2015. Acara ini diselenggarakan oleh UPTD Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BP2TPH), pada hari Kamis s/d Jumat (20-21/08) di Jl. Kaliurang Km. 23 Ngipiksari, Sleman, Yogyakarta

 

BBPBPTH turut berpartisipasi dalam pameran tersebut, bahan pameran yang ditampilkan seperti publikasi hasil-hasil penelitian dan beberapa contoh produk IPTEK antara lain benih unggul Acacia mangium, benih Eucalyptus pellita, benih kayu putih, nyamplung (benih dan contoh minyak), bibit jati purwo, bibit tanaman langka dan lain-lain.
 
Jumat, 21-Agust-2015 08:15:04

YOGYA (biotifor.or.id) –Dua sumber kebun benih Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) kembali mendapat sertifikat. Sumber benih tersebut adalah Kebun  Benih Semai (KBS) Jenis Mangium generasi pertama (Acacia mangium F-1) dan Pelita generasi pertama (Eucalyptus pellita F-1).

 

Hal ini ditandai dengan keluarnya Keputusan Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan Jawadan Madura Nomor SK. 58/BPTH.JM/2015tanggal 29 Juni 2015 tentang Penerbitan Sertifikat Sumber Benih Kebun Benih Semai (KBS) Jenis Mangium (Acacia mangium) dan Pelita (Eucalyptus pellita) Milik Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Pada periode sebelumnya kedua sumber benih tersebut telah mendapat sertifikat yaitu dengannomorSK. 304/V/BPTH.JM-1/2010 tanggal 14 Juni 2010.
 
Selasa, 18-Agust-2015 12:03:49

YOGYA (biotifor.or.id) - Segenap rimbawan Yogyakarta melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan R.I. ke-70 pada hari Senin (17/08). Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishutbun DIY). Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Dishutbun DIY, dalam hal ini diwakili oleh Kepala BBPBPTH, Dr. Ir. Mahfudz, MP.

Tema peringatan kali ini yaitu “Indonesia Merdeka 70 Tahun: Ayo Kerja!”. Dalam sambutannya Gubernur DIY yang dibacakan oleh Dr. Mahfudz berkata,"Marilah kita syukuri dengan berkhidmat kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, agar dengan “kerja, kerja, kerja” bangsa Indonesia bisa segera menggapai dan menggenggam cita-cita Tri Sakti Jiwa Proklamasi. Indonesia memerlukan Pemimpin-Pekerja yang memimpin dengan bekerja, petarung lapangan yang tidak sekedar duduk di meja. Pemimpinj tipe ini ibarat pohon, letak solusinya bukan pada buahnya, melainkan ada diakar-akarnya, dengan selalu siap memeriksa sampai “bagaimana” kebijakan dijalankan".

 
Selasa, 18-Agust-2015 09:25:46

BIAK (biotifor.or.id) - Bertempat di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Biak, pada hari Senin (10/08), Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta (BBPBPTH), menyelenggarakan stakeholder meeting untuk sosialisasi dan pembahasan rencana pelaksanaan Pilot Project Pengembangan Kayu Putih di KPHL Biak Numfor.

Pembahasan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Biak, Hendrison Ondy, S.Hut., MMA dihadiri oleh pejabat struktural lingkup Dinas Kehutanan dan Perkebunan Biak, KPHL Biak Numfor, BPDAS Mamberamo, P3E Papua serta kelompok tani hutan calon lokasi plot pertanaman kayu putih.

 
Kamis, 13-Agust-2015 16:58:39

YOGYA (biotifor.or.id) – 11 Agustus 2015. Forestry Research Centre (RFC) Vietnam yang diketuai oleh Nguyen Van Ngoc beserta tim melakukan kunjungan ke Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) pada tanggal 11 sampai dengan 13 Agustus 2015.

Pada hari pertama kunjungan FRC Vietnam di BBPBPTH Yogyakarta diawali dengan paparan tentang profil dan progres hasil penelitian BBPBPTH oleh Liliek Haryjanto, M.Sc yang merupakan peneliti yang ditunjuk untuk mewakili Kababes. Dalam paparan tersebut disampaikan  benih unggul jenis Acacia, dan eucalyptus yang telah dilaunching oleh Menteri Kehutanan  hasil pemuliaan generasi pertama (F-1) dan kedua (F-2). Disamping itu Liliek Haryjanto juga menyampaikan IPTEK yang telah dihasilkan dan siap untuk diaplikasikan oleh multi stakeholders untuk mempercepat pembangunan di bidang tanaman hutan. Banyaknya kerjasama dengan para pengguna dan bantuan dana hibah dari luar negeri telah memacu progres penelitian yang dihasilkan.

 
Senin, 10-Agust-2015 11:00:34

YOGYA (biotifor.or.id) – Beriringan dengan dilaksanakannya The 18th Meeting of the ASEAN Senior Officials on Forestry and Its Related Meetings di Hotel Inna Garuda, juga diadakan pameran yang bertempat di ruang Mendut.
 
Kamis, 6-Agust-2015 14:31:21

YOGYA (biotifor.or.id) – Dr. Henry Bastaman, MES, Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan benih unggul hasil penelitian kepada masyarakat pada hari Rabu (05/08). Penyerahan dilakukan disela-sela The 16th Seminar on Current International Issues Affecting Forestry and Forest Products, di stand pameran Badan Litbang dan Inovasi, di Ruang Mendut, Hotel Inna Garuda.

 

Hal 1 dari 13
Hal
EVENT  


LINK TERKAIT