Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
 
 
 
 
Kepakaran Kami : Melakukan Penelitian di Bidang Bioteknologi Hutan dan Pemuliaan Tanaman Hutan
BERITA & PENGUMUMAN  

Kamis, 2-Juli-2015 15:13:51

YOGYA (biotifor.or.id) - Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman hayati tinggi baik flora, fauna maupun mikroorganisme. Dari sisi fauna, beberapa jenis satwa liar yang merupakan satwa endemik dan eksotis memiliki ancaman serius terhadap kepunahan. Hal ini ditunjukkan dengan masuknya satwa tersebut ke dalam status critically endangered (CR) atau pun endangered (E) pada IUCN RedData List atau masuk ke dalam Appendix I dan II CITES.

 
Rabu, 1-Juli-2015 15:49:49

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) pada hari Selasa (23/06) kembali mendapat kunjungan. Kunjungan kali ini berasal dari para peserta kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM tentang Pembangunan dan Pengelolaan Sumberdaya Genetik. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Bina Perbenihan Tanaman Hutan Ditjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung.

 
Rabu, 17-Juni-2015 16:07:53

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kami berharap forum yang sangat strategis ini dapat dimanfaatkan untuk memadukan dan mensinergikan seluruh program kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan kehutanan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” Kata Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jawa Tengah, Ir. Bowo Suryoko, MM.
 
Rabu, 17-Juni-2015 15:51:11

YOGYA (biotifor.or.id) - Pada tanggal 12  Juni 2015 dilaksanakan Penandatanganan naskah kesepakatan bersama (MoU) oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya dengan Gubernur Provinsi DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X tentang Kegiatan Kehutanan Untuk Mendukung Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta. 
 
Senin, 1-Juni-2015 16:51:07

YOGYA (biotifor.or.id) - 25 Mei 2015. Tim kajian dari Direktorat Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Bappenas, dibantu oleh tenaga ahli dan narasumber melakukan kunjungan ke Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) pada tanggal 25 dan 26 Mei 2015. Studi kasus  dilaksanakan di Provinsi DI Yogyakarta berupa (1) Focus Group Discussion (FGD) di BBPBPTH Yogyakarta untuk mengidentifikasi kemajuan pengembangan energi biomassa, aplikasi penggunaan, permasalahan pengembangan energi biomassa, serta kebutuhan investasi dan sebagainya; dan (2) kunjungan lapangan ke KHDTK Alas Ketu, Wonogiri (Jateng) dan RPH Gubuk Rubuh, BDH Playen, KPH Yogyakarta di Gunung Kidul (DIY) untuk mengetahui tanaman nyamplung yang telah dikembangkan dan juga penggunaan nyamplung sebagai sumber energi.

 
Selasa, 26-Mei-2015 08:29:59

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) menyelenggarakan Pertemuan Perbenihan dan Sistem Informasi IPTEK Benih Unggul, pada hari Jumat (22/05).

Pertemuan ini dilaksanakan untuk membangun akses informasi penyediaan dan pemanfaatan benih,  membangun sinergi penyediaan benih unggul tanaman hutan bagi masyarakat serta melakukan koordinasi dan pembangunan dan pengelolaan sumber benih

 
Senin, 11-Mei-2015 09:12:34

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X melakukan kunjungan kerja ke lokasi tanaman nyamplung di Gunung Kidul, Yogyakarta untuk memberikan dukungan untuk mengembangkan energi berkelanjutan non fosil sekaligus melakukan tutup tanam nyamplung seluas 25 hektar di petak 74, RPH Gubuk Rubuh, BDH Playen, KPH Yogakarta menggunakan benih unggul hasil penelitian Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta. Acara diawali dengan Paparan tentang Nyamplung sebagai bahan baku biofuel potensial oleh Kepala BBPBPTH (Dr. Mahfudz) dan Tim Peneliti Pemuliaan Nyamplung (Dr. Budi Leksono dan Eritrina Windyarini, M.Sc.) dilanjutkan dialog dengan Gubernur DIY.
 
Rabu, 6-Mei-2015 14:58:57

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) bekerjasama dengan Adelaide University dan didukung oleh ACIAR, menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Informasi Genetik Untuk Verifikasi Legalitas Kayu Jati, pada hari Selasa (05/05).

Workshop tersebut dilaksanakan dalam rangka mendapatkan masukan dari para pelaku penanaman dan perdagangan kayu jati terkait isu verifikasi legalitas kayu.  Para peserta sebagian besar adalah kelompok tani, yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul, yang berjumlah kurang lebih 30 orang dari 9 kelompok.

 

Hal 1 dari 12
Hal
EVENT  


LINK TERKAIT