Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
 
 
 
 
Kepakaran Kami : Melakukan Penelitian di Bidang Bioteknologi Hutan dan Pemuliaan Tanaman Hutan
BERITA & PENGUMUMAN  

Selasa, 28-April-2015 12:44:04

YOGYA (biotifor.or.id) – Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan karya tulis ilmiah, Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) mengadakan sosialisasi pedoman akreditasi terbitan berkala ilmiah dan kode etika publikasi ilmiah pada hari Jumat (24/04).
 
Pada kesempatan tersebut hadir Mitra Bestari, Anggota Dewan Redaksi dan Sekretariat Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, serta para peneliti lingkup BBPBPTH. Narasumber oleh Prof. Gono Semiadi dari Puslit Biologhi LIPI.
 
Jumat, 24-April-2015 16:22:56

Terbentuknya Perpustakaan BBPBPTH tidak dapat dipisahkan dengan sejarah berdirinya BBPBPTH sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Perpustakaan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) merupakan salah satu perpustakaan khusus di bidang kehutanan khususnya bidang bioteknologi dan pemuliaan tanaman hutan. Menempati ruangan di Lantai 2 gedung Kantor BBPBPTH, perpustakaan BBPBPTH memiliki slogan  "Melayani sepenuh hati bagi peneliti untuk kemajuan institusi". Mampu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam akses informasi dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka yang sebagian besar adalah para peneliti adalah hal terindah yang ingin diberikan perpustakaan.

 
Kamis, 23-April-2015 14:10:51

Pada tanggal 17 April yang lalu Bapak Kepala Badan Litbang kehutanan yaitu Prof. Dr. Ir. San Afri Awang, M.Sc. menyempatkan diri untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai Balai Besar PBPTH Yogyakarta, terutama mengenai penyatuan kelembagaan antara kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, beliau menyampaikan bahwa bagi seorang pns janganlah termakan oleh isu-isu yang tidak jelas dan haruslah fokus pada pekerjaannya.
 
Rabu, 22-April-2015 16:47:15

(YOGYA) biotifor.or.id - Sejalan dengan kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memperkuat sisi supply dari industri perkayuan melalui peningkatan pembangunan hutan tanaman, maka penggunaan benih unggul merupakan kebutuhan mendesak untuk menunjang keberhasilan program tersebut. Terkait hal itu, peranan penelitian dan pengembangan (R&D) dalam pengadaan benih unggul untuk pembuatan hutan tanaman seperti program pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI), hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Rakyat (HR) sangat ditekankan dan mendesak pada saat ini. Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta sesuai dengan tupoksinya telah melakukan penelitian pemuliaan tanaman hutan sejak tahun 1994. Penelitian dimulai dengan menangani jenis-jenis cepat tumbuh seperti: akasia (Acacia spp.), ekaliptus (Eucalyptus spp.) dan sengon (Falcataria moluccana) untuk mendukung industri kayu pulp dan kertas bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency); dan jenis kayu putih (Melaleuca cajuputi) untuk mendukung industri farmasi bekerjasama dengan CSIRO Forestry and Forest Product dan ACIAR, Australia.
 
Senin, 20-April-2015 13:08:29

JAKARTA (biotifor.or.id) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menggelar kegiatan 7th Indogreen Forestry Expo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada 15-18 April 2015.

“Pameran ini menjadi media untuk mengenalkan pesona potensi wisata alam hutan beserta produk, jasa dan teknologi lingkungan dan kehutanan” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Lingkungan dan Perubahan Iklim, Dr. Ir. Yetti Rusli, MSc., ketika membuka Indogreen Forestry Expo yang ke-7 Tahun 2015, di Hall B JCC Senayan Jakarta, Rabu (15/4).

 
Senin, 23-Maret-2015 08:56:52

YOGYA (biotifor.or.id) - Gayung bersambut, demikian kata yang tepat untuk pesan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di atas yang disampaikan pada saat rapat kerja antara Pemerintah DIY dan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (10 Maret 2015) di Gedung Kepatihan Yogyakarta. Hal ini karena harapan tersebut telah direncanakan oleh Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta sepuluh tahun yang lalu. Penelitian pemuliaan Pulai yang dimulai pada tahun 2003 adalah dalam rangka menyediakan benih unggul untuk industri kerajinan topeng yang menjadi “ikon” dan andalan Kabupaten Gunung Kidul, disamping untuk sentra industri lainnya seperti di Sumatera Selatan untuk selongsong pensil (pencil slate) dan di Bali untuk bahan baku kerajinan domestik dan eksport (pembuatan peti, korek api, hak sepatu, wayang golek dan ukiran).
 
Jumat, 20-Maret-2015 17:04:28

YOGYA (biotifor.or.id) – Mulai tahun 2015 ini PNS di Daerah Istimewa Yogyakarta akan lebih sering mengenakan busana tradisional, tak terkecuali para punggawa Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. (BBPBPTH) Yogyakarta.

Hal ini sudah terlihat pada acara Peringatan Hari Hutan Internasional yang bertepatan dengan berdirinya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu pada hari Jumat (20/03). Pada upacara tersebut para peserta mengenakan pakaian tradisional Jawa Yogyakarta.

 
Jumat, 20-Maret-2015 15:17:21

YOGYA (biotifor.or.id) – Bertempat di halaman kantor Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta, pada hari Jumat (20/03) segenap rimbawan Yogyakarta memperingati Hari Hutan Internasional 2015 dengan melakukan upacara bendera.

Upacara kali ini dihadiri oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DIY dan Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa dan Madura (sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup), serta diikuti oleh perwakilan  karyawan masing-masing UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

Hal 1 dari 11
Hal
EVENT  


LINK TERKAIT