Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
 
 
 
 
Kepakaran Kami : Melakukan Penelitian di Bidang Bioteknologi Hutan dan Pemuliaan Tanaman Hutan
BERITA & PENGUMUMAN  

Selasa, 2-Feb-2016 16:31:02

YOGYA (biotifor.or.id) - Membaca sebagai suatu ajaran agama dapat memberikan manfaat dan keutamaan bagi seseorang di dalam kehidupannya. Dengan membaca akan memberikan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahuinya dan seseorang akan bertambah pengetahuannya. Objek atau sasaran dari kegiatan membaca ini dapat berupa teks tertulis seperti ayat-ayat al-Qur’an dan teks-teks tertulis lainnya maupun teks tidak tertulis yang berupa alam sekitar atau disebut ayat-ayat kauniyah yang merupakan sumber ilmu pengetahuan. Hal ini seperti yang terkandung dalam al Qur’an pada surat al `Alaq.
 
Senin, 1-Feb-2016 15:06:31

YOGYA (biotifor.or.id) - Kebutuhan kayu bakar pada daerah dataran tinggi cenderung lebih tinggi bila dibandingkan di dataran rendah, karena pada umumnya suhu udara sangat dingin sehinga memerlukan penghangat tubuh, selain untuk kebutuhan memasak. Kebutuhan kayu bakar di Indonesia sekitar 2,54 m³/kapita/tahun dan tergolong cukup tinggi untuk memenuhi 250 juta jiwa. Bila diasumsikan pengguna kayu bakar adalah penduduk yang tinggal di pedesaan sekitar 116,274 juta maka kebutuhan kayu bakar nasional sekitar 295,5 juta m³/tahun. Disisi lain luasan hutan kita semakin menyempit akibat alih fungsi hutan untuk pertambangan, pertanian, tempat tinggal dan lainnya. Oleh karena itu pemerintah berupaya mendorong penggunaan sumber energi terbarukan melalui Perpres no.5 tahun 2006 tentang kebijakan energi nasional dengan target 5% energi baru dan terbarukan termasuk didalamnya dari biomassa dalam bauran energi nasional sampai dengan tahun 2025.
 
Jumat, 29-Jan-2016 13:50:11

Pegawai maupun masyarakat sekitar Kantor BBPBPTH kini bersuka cita dikarenakan Lapangan Tenis telah selesai direnovasi.

Tepatnya hari ini Jumat 29 Januari 2016, merupakan hari perdana digunakannya kembali lapangan tenis kantor BBPBPTH yang beberapa waktu lalu dilakukan renovasi. Tidak hanya lapangan Tenis, lapangan volly dan slam dunk corner yg berada disebelahnya juga mendapat sentuhan pemugaran agar antusias pegawai untuk berolahraga meningkat.

 
Selasa, 26-Jan-2016 08:51:20

YOGYA (biotifor.or.id) – Awal tahun 2016 ini Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) kembali menjadi tujuan kunjungan kegiatan Mahasiswa. Pada hari Jumat (22/01) Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya (HMJB UNESA) mengadakan kegiatan Biology Science Development (BSD) 2016.

 

Rombongan diterima oleh Kepala BBPBPTH dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Ir. Eva Betty Sinaga, M.Si. Peserta BSD terdiri dari beberapa angkatan yang berjumlah 58 orang. Selanjutnya rombongan dibagi ke dalam tiga kelompok, masing-masing menuju Laboratorium Genetika Molekuler, Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Bioenergi.
 
Senin, 25-Jan-2016 10:28:59

 

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan pada hari Kamis (21/1), kembali menerima kunjungan Tamu Luar Negeri yaitu dari Sabah Softwoods Berhad, Sabah, Malaysia. Institusi ini merupakan perusahaan profit yang bergerak di bidang hutan tanaman. Rombongan yang berjumlah 9 orang ini diterima oleh Kepala Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Ir. Eva Betty Sinaga, M. P. Turut  mendampingi para tamu tersebut yaitu Kepala Seksi Kerjasama, KHDTK dan Pengembangan, Ir. Budi Astuti serta beberapa peneliti diantaranya, Dr. Anto Rimbawanto, ILG. Nurtjahjaningsih, S.Si., M. Sc., Ph.D., Nurhidayati, S. Hut, M. Sc., M. Anis Fauzi, S. Hut., M.Sc.

 
Selasa, 19-Jan-2016 10:46:38

Gunungkidul (biotifor.or.id) - Dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan energi sebagai agenda Pemerintah dalam pembangunan ekonomi bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta melakukan salah satu kegiatan dengan membuat model  Agroforestri berbasis tanaman energy dan tanaman pangan”. Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan pelatihan kepada petani tentang teknik penanaman di lokasi Baron Technopark, Desa Planjan, Saptosari, Gunung Kidul pada tanggal 4 Desember 2015. 

 
Rabu, 13-Jan-2016 15:34:41

Yogyakarta (biotifor.or.id) – Sukun adalah salah satu tanaman serbaguna yang sangat potensial dikembangkan sebagai tanaman penghasil sumber pangan dan obat. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kesulitan dalam menyediakan bibit sukun dengan cara yang mudah, murah dan hasilnya berlimpah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh umur pohon induk terhadap pertumbuhan tunas akar alami dan keberhasilan tumbuh stek akarnya. Untuk itu dilakukan pemilihan pohon induk pada kelas umur ≤ 5 tahun, 6-10 tahun, 11-15 tahun dan 16-20 tahun. Pada waktu pengambilan akar juga dilakukan pengamatan tunas akar alami. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa  kelas umur pohon induk berpengaruh terhadap jumlah tunas akar alami yang tumbuh. Semakin dewasa pohon induk, semakin banyak jumlah tunas akar alami yang tumbuh. Persentase hidup stek akar sukun berkisar antara 72,5-85,6% dan dipengaruhi kelas umur pohon induk. Keberhasilan tumbuh stek akar sukun dari pohon induk umur lebih dari 6 tahun lebih baik dari tanaman umur ≤ 5 tahun.

 

 
Selasa, 12-Jan-2016 10:16:17

YOGYA (biotifor.or.id) – “Diskusi ini merupakan sarana evaluasi apabila ada langkah kita yang kurang benar ke depan bisa kita perbaiki”, kata Dr. Mahfudz, pada sambutannya ketika memulai pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHP) 2015 pada Senin (28/12/15) yang lalu.

Selain itu Dr. Mahfudz juga menyampaikan apresiasi terhadap segenap peneliti dan undangan yang hadir menyempatkan datang untuk membahas LHP yang merupakan kegiatan rutin. Kegiatan tahun ini cukup besar baik dari DIPA maupun HLN. Beliau juga menyampaikan bahwa ouput dan kinerja kita saat ini selanjutnya akan menjadi acuan bagi target kita tahun depan agar penelitian kita akan berdampak lebih besar.

 

Hal 1 dari 19
Hal
EVENT  


LINK TERKAIT