Berita

Jumat , 10-Agust-2018
Konsolidasi Pustakawan BLI Menuju Pengelolaan Perpustakaan Modern Di Era Milenial

BOGOR (biotifor.or.id) –Pustakawan adalah tulang punggung perpustakaan dan ujung tombak diseminasi di era milenial . Hal ini disampaikan oleh Kabag Evaluasi Diseminasi dan Perpustakaan Dr. Hernita Wahyuni mewakili Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi pada saat membuka acara konsolidasi pustakawan lingkup BLI dengan tema “Revitalisasi Peran Pustakawan BLI Mendukung Pengelolaan Perpustakaan Modern di Era Milenial”, bertempat di ruang rapat sekretariat Badan Litbang dan Inovasi Selasa 31 Juli 2018. 

Sabtu , 4-Agust-2018
FIELD TRIP WORKSHOP "REMOTE SENSING FOR FOREST INVENTORY AND HEALTH"

SIAK (biotifor.or.id) – Field trip Workshop “Remote Sensing for Forest Inventory and Health” dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018, atau hari kedua pelaksanaan workshop. Lokasi yang dipilih adalah plot pertanaman akasia milik PT. Arara Abadi di Distrik Rasau Kuning, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Sabtu , 4-Agust-2018
PENGGUNAAN UAVs UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT DI HUTAN TANAMAN

PEKANBARU (biotifor.or.id) – Workshop “Remote Sensing for Forest Inventory and Health” bertujuan untuk menyajikan contoh-contoh penelitian terkini dalam penggunaan penginderaan jarak jauh untuk aplikasi pengelolaan hutan tanaman. Kegiatan ini fokus pada penggunaan low-cost Unmanned Aerial Vehicles (UAVs) atau kendaraan udara tak berawak murah untuk mengumpulkan data inventarisasi hutan dan pemantauan kesehatan pohon.

Senin , 30-Juli-2018
BIO-BASE ECONOMY, PELUANG PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0.

YOGYAKARTA (biotifor.or.id)_Bio-based economy adalah paradigma yang menggunakan konsep ekologi dalam perekonomian. Lingkupnya meliputi produksi komoditas dengan bahan baku alam, hemat energi, dan memanfaatkan limbah menjadi produk bernilai tambah.

Senin , 23-Juli-2018
PERKUAT LEMBAGA PUI, B2P2BPTH SINERGI DENGAN BBPK

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta menerima kunjungan studi banding Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) Bandung, Kamis (19/07/2018). Kunjungan studi banding ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat lembaga PUI.

Jumat , 20-Juli-2018
JPTH RAIH AKREDITASI JURNAL KEMENRISTEKDIKTI

JAKARTA (biotifor.or.id) – Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) B2P2BPTH meraih akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2. Penyerahan sertifikat dilakukan pada acara Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional pada tanggal 17 Juli 2018 di Auditorium Utama LIPI.

Jumat , 20-Juli-2018
TULISAN ILMIAH, HASIL KERJA MINIMAL SEORANG PENELITI

CIBINONG (biotifor.or.id) _Mengacu pada Nawa Cita, terutama pada butir ketiga, “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” maka paket Iptek hasil riset harus mampu diimplementasikan sampai ke tingkat desa/daerah tertingal. Dengan paket Iptek dari lembaga litbang yang komprehensif ini diharapkan daerah tertinggal dapat cepat mandiri.

 

Rabu , 11-Juli-2018
PENELITI B2P2BPTH RAIH BEST PAPER AWARD PADA INTERNATIONAL CONFERENCE DI AUSTRALIA

YOGYA (biotifor.or.id) – Salah seorang peneliti B2P2BPTH, Dr. Ir. Asri Insiana Putri, MP meraih gelar Best Paper Award, pada 1st Global Conference on Health, Agriculture and Enviroment Science (GCHAES) 2018. Makalahnya yang berjudul “Sprouting Ability in Micropropagation of Leban (Vitex pubescens) : The Medicinally Important Tree” mendapat gelar paper terbaik untuk kategori Agriculture. Event ini memberi penghargaan kepada paper terbaik pada kategori bidang Health, Life Science, Agriculture, dan Environmental Science.

Kamis , 5-Juli-2018
Si "JAINAL", ALAT MONITOR PEJABAT FUNGSIONAL

YOGYA (biotifor.or.id) – Sistem Informasi Jabatan Fungsional atau lebih mudahnya disingkat dengan Si Jainal, secara umum dapat meningkatkan efektifitas manajemen kepegawaian khususnya dalam pengelolaan jabatan fungsional. “Secara internal hadirnya Si Jainal diharapkan mampu menjadi alat monitoring mandiri para pejabat fungsional”, tutur Priyo Kusumedi, S.Hut.,MP, Kabag Umum B2P2BPTH Yogyakarta di sela-sela kesibukannya, Rabu (04/07/2018).

Rabu , 30-Mei-2018
PEMKAB WONOGIRI SAMBUT BAIK PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN HASIL LITBANG DI KHDTK WONOGIRI

WONOGIRI (biotifor.or.id) – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyambut baik Pencanangan Pengembangan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Pengembangan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Wonogiri. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, di KHDTK Alas Kethu Wonogiri, Selasa (15/05/2018).

Jumat , 18-Mei-2018
KOMIT UNTUK PELESTARIAN HUTAN DAN LINGKUNGAN, BBPPBPTH BERUPAYA JALIN KERJASAMA DENGAN CSR DJARUM FOUNDATION

YOGYA (biotifor.or.id) – Dalam rangka meningkatkan peran penelitian dan pengembangan pada upaya pelestarian hutan dan lingkungan dengan berbagai pihak, BBPPBPTH berupaya menjalin kerjasama kemitraan dengan CSR Djarum Foundation yang diwujudkan dengan pertemuan antara kedua belah pihak di Ruang Rapat B2P2BPTH, Selasa (15/05/2018).

Kamis , 17-Mei-2018
ARSIPARIS AHLI B2P2BPTH JOGJA SABET JUARA III ARSIPARIS TELADAN KLHK

BOGOR (biotifor.or.id) –  Astoto Nugroho, S.ST. Ars, Arsiparis Ahli B2P2BPTH berhasil menyabet juara ke-3 pada Pemilihan Arsiparis Teladan Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2018.  Acara ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 8-9 Mei 2018, di Arch Hotel Bogor.

Kamis , 17-Mei-2018
PERKUAT KEUNGGULAN INDONESIA, KEMENRISTEKDIKTI KEMBANGKAN PUI

BOGOR (biotifor.or.id) - ”Dalam upaya untuk memperkuat keunggulan Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah mengembangkan upaya peningkatan kualitas kelembagaan Iptek dan Dikti melalui Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI),” kata Ir. Kemal Prihatman, M.Eng, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan pada saat membacakan arahan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada saat Pembukaan Rapat Koordinasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Tahun 2018 dengan tema  “Melangkah Bersama Menguatkan Produktivitas Litbang”, di Gedung Konservasi Kebun Raya Bogor, Senin (14/05/2018).

Jumat , 11-Mei-2018
KOMIT UNTUK GERAKAN NASIONAL SADAR DAN TERTIB ARSIP, KLHK SELENGGARAKAN PEMILIHAN ARSIPARIS TELADAN

BOGOR (biotifor.or.id) - Untuk menindaklanjuti komitmen para Dirjen lingkup Kementerian LHK dihadapan ANRI dan Menteri LHK terkait dengan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip  (GNSTA) Kementerian LHK yang dicanangkan pada tanggal 16 Maret 2018 di Manggala Wanabakti, KLHK secara periodik menyelenggarakan Pemilihan Arsiparis Teladan Lingkup KLHK. Tahun 2018 Pemilihan Arsiparis Teladan Lingkup KLHK, berlangsung selama dua hari pada tanggal 8-9 Mei 2018, di Arch Hotel Bogor.

Rabu , 9-Mei-2018
PERSEMAIAN TANAMAN LANGKA KHAS DIY, LABORATORIUM ALAM MINI KEANERAGAMAN HAYATI TINGKAT DIY

YOGYA (biotifor.or.id) – “Persemaian tanaman langka khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini bisa sebagai laboratorium alam keaneragaman hayati mini di tingkat DIY, sebagai tempat penelitian maupun wisata ilmiah bagi para pelajar dan mahasiswa yang datang ke kantor B2P2BPTH,” ujar Lukman Hakim, S.Hut, MP, saat berdiskusi dengan anggota tim Pengelolaan Pengembangan Jenis Khas DIY di persemaian, Selasa (17/04/2018).

Senin , 7-Mei-2018
KEBERHASILAN PEMBANGUNAN DEMPLOT RAMIN, HASIL KERJASAMA ANTARA PT. ASIA PULP AND PAPER (APP) DENGAN BBPPBPTH DALAM UPAYA KONSERVASI JENIS RAMIN

YOGYA (biotifor.or.id) – PT. Asia Pulp and Paper (APP) bekerjasama dalam penelitian jenis ramin dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) dibawah koordinator Dr. Asri Insiana Putri, sejak tahun 2012 sampai dengan 2017 dengan kegiatan pembangunan demplot penanaman dan plot konservasi sumberdaya genetik ramin.

Senin , 7-Mei-2018
TECHNICAL ASSISTANCE PENELITIAN RAMIN, BENTUK KERJASAMA ANTARA PT. ASIA PULP AND PAPER (APP) DENGAN BBPPBPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – PT. Asia Pulp and Paper (APP) menggandeng Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) sebagai mitra kerjasama dalam bentuk "Technical Assistance" penelitian Pembangunan Demplot Penanaman dan Konservasi Sumberdaya Genetik Ramin (Gonystylus bancanus) di Sumatera yang dilakukan sejak tahun 2012 sampai dengan 2017 dengan kegiatan koleksi materi genetik ramin, perbanyakan ramin, pembangunan demplot penanaman dan plot konservasi sumberdaya genetik ramin.

Kamis , 3-Mei-2018
PENELITI B2P2BPTH BERBAGI ILMU PADA SEMINAR NASIONAL "OPTIMALISASI PENGELOLAAN BIOENERGI ALAM INDONESIA UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN ENERGI NASIONAL"

SEMARANG (biotifor.ir.id) – Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, M.P. dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH), Yogyakarta (Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian LHK), berbagi ilmu dan tampil sebagai salah satu pembicara utama pada Seminar Nasional “Optimalisasi Pengelolaan Bioenergi Alam Indonesia Untuk Mendukung Ketahanan Energi Nasional”, di Balairung Universitas PGRI Semarang pada hari Kamis, (26/04/2018).

Rabu , 25-April-2018
MENTERI PERTANIAN PERIKANAN DAN KEHUTANAN FIJI TERTARIK JALIN KERJASAMA ANALISIS DNA

YOGYA (biotifor.or.id) – Menteri Pertanian Perikanan dan Kehutanan Fiji, Mr. Osea Naiqamu tertarik untuk menjalin kerjasama terkait analisis DNA dengan Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta.

Rabu , 25-April-2018
INDONESIA BERSAMA NEGARA-NEGARA DI KAWASAN ASIA PASIFIK BERKOMITMEN MENJAGA HUTAN HUJAN TROPIS

YOGYA (biotifor.or.id) – Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang memiliki hutan hujan tropis (Asia-Pacific Rainforest Summit - APRS) ke-3 tahun 2018, berlangsung di Hotel Alana Yogyakarta, Senin, (23/4/2018). Acara ini merupakan pertemuan penting yang membicarakan arah kebijakan pelestarian hutan hujan tropis dunia.


Hal 1 dari 21
Hal