Berita

Selasa , 11-Mei-2021
BAGAIMANA TEKNIK MENYIMPANAN BIBIT JABON MERAH UNTUK PENANAMAN JANGKA PANJANG?

Biotifor.or.id-Pengembangan jabon merah (Anthocephalus macrophyllus) sebagai materi genetik untuk pembangunan hutan tanaman industri maupun hutan rakyat dapat dilakukan dengan dua cara dalam penyediaan bibitnya yaitu dengan cara generatif dan vegetatif. Cara generatif tidak mengalami permasalahan yang berarti, yang penting adalah menggunakan benih yang masih memiliki viabilitas tinggi, sedangkan dengan vegetatif termasuk jenis yang mudah dikembangkan.


Rabu , 5-Mei-2021
MONITORING KEGIATAN KERJASAMA BBPPBPTH - CIFOR

Biotifor.or.id - Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta, menerima kunjungan dari Center for International Forestry Research (CIFOR), Dr. Himlal Baral dan National Institute of Forest Science (NIFOS) - Korea Selatan, Dr. Jino Kwon .

Kamis , 29-April-2021
SUMBER BENIH BAKAU RHIZOPORA MUCRONATA UNTUK MENDUKUNG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Biotifor.or.id - Dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KLHK melaksanakan Kegiatan Padat Karya Penanaman Mangrove seluas 15.000 Ha dengan melibatkan Kelompok Tani Hutan (KTH) yang tersebar 34 provinsi di seluruh Indonesia. Selain untuk meningkatkan luasan habitat mangrove, hal ini juga dilaksanakan dalam rangka pemenuhan lapangan pekerjaan, dan peningkatan daya beli masyarakat di sekitar pesisir pantai. Kebutuhan bibit mangrove untuk memenuhi program tersebut memerlukan pemenuhan sumber benih berbagai jenis bakau yang sesuai dengan habitat tumbuhnya.

Selasa , 27-April-2021
KLASIFIKASI SUMBER BENIH

Biotifor.or.id - Klasifikasi atau tingkatan sumber benih berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No: P.01/Menhut-II/2009 yang telah direvisi menjadi P.72/Menhut-II/2009 tentang Penyelenggaraan Perbenihan Tanaman Hutan, terdiri dari 7 tingkatan.

Senin , 26-April-2021
PERBANYAKAN VEGETATIF WARU (HIBISCUS TILIACEUS)

Biotifor.or.id – “Benih waru sulit diperbanyak dengan biji dikarenakan buahnya banyak yang rusak karena diserang ulat. Kalaupun didapatkan benih dari biji hasilnya kurang memuaskan karena setelah biji di tabur tidak banyak yang tumbuh. Oleh karena itu diperlukan teknik perbanyakan vegetatif yang mampu menghasilkan tanaman baru yang lebih tinggi keberhasilannya dari pada teknik generatif” kata Suwandi, S.Hut. dan Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, MP, Teknisi dan Peneliti Balai Besar Litbang BPTH dalam buku berjudul “Perbanyakan vegetatif dan penanaman Waru (Hibiscus tiliaceus) untuk kerajinan dan obat”.

Sabtu , 24-April-2021
RESTORASI LAHAN BERBASIS BIOENERGI DAN CARBON FARMING

Biotifor.or.id - Merealisasikan hasil pertemuan multi pihak secara online 8 bulan yang lalu (13 Agustus 2020) dengan topik: Restorasi Lahan Berbasis Bioenergi dan Pembayaran Jasa Ekosistem (PES), saat ini telah memasuki persiapan bibit untuk penanaman pada akhir tahun 2021 yang direncanakan ditanam di lokasi Gunung Abang (puncak tertinggi ke 3 di Bali) yang berdampingan dengan Gunung Batur.

Rabu , 21-April-2021
BABES LITBANG BPTH SUKSES MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI PEMERINTAH

BIOTIFOR – Ketua Satgas Gugus Covid-19 Babes Litbang BPTH, Jaka Suryanta, S.Hut., M. Ec.Dev merasa bersyukur bahwa pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 lingkup KLHK yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kartini 21 April 2021 telah terlaksana dengan baik

Jumat , 16-April-2021
TIMOHO: MEMANTIK PELESTARIAN BUDAYA, LINGKUNGAN DAN PASTISIPASI MASYARAKAT

BIOTIFOR - Dalam rangka konservasi dan penyediaan benih jenis Timoho (Kleinhovia hospita L), yang kayunya digemari para pengrajin keris karena nilai seni dan ekonominya tinggi di Yogyakarta, Tim peneliti BBPPBPTH telah melakukan pembangun plot Konservasi Sumberdaya Genetik (KSDG) Timoho di areal calon Hutan Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Kepuh Harjo dan Forum Peduli Lingkungan-Pecinta Alam Lereng Merapi (FPL- PALEM).

Jumat , 9-April-2021
PEMBANGUNAN MODEL PERCONTOHAN PENGEMBANGAN KAYUPUTIH

Biotifor.or.id - Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta telah melakukan serangkaian kegiatan pemuliaan kayuputih sejak tahun 1993 dan telah menghasilkan bibit unggul dengan potensi rendemen minyak kayuputih dua kali lipat dari tanaman kayuputih komersil di Pulau Jawa.

Kamis , 8-April-2021
BIOTIFOR SUKSES MEMBERIKAN PENDAMPINGAN MAHASISWA PKL STAN DAN SEKOLAH VOKASI IPB

BIOTIFOR (08/04/2021) - ”Selamat kepada adik-adik yang telah berhasil menyelesaikan praktek kerja lapangan (PKL) di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan” ujar Retisa Mutiaradevi selaku Kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama dalam sambutannya pada acara Laporan Hasil Praktek Kerja Lapangan di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Kamis 08 April 2021 yang dilakukan secara daring.

Kamis , 8-April-2021
BBPPBPTH-FAKULTAS FARMASI UGM-UMKM, BERKOLABORASI UNTUK MENGEMBANGKAN INDUSTRI MINYAK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id - BBPPBPTH–Fakultas Farmasi UGM–UMKM BUMDES Bantul, berencana melakukan kolaborasi dalam pengembangan industri minyak nyamplung (minyak tamanu) sebagai bahan baku obat-obatan dan kosmetik. Kerjasama ini sebagai upaya untuk mendorong kemandirian bahan baku, dan meningkatkan kualitas minyak minyak tamanu, serta produk obat-obatan dan kosmetik yang dihasilkan.

Kamis , 8-April-2021
POTENSI PEMULIAAN EMPAT JENIS JATI

Biotifor.or.id – “Buku ini memberikan gambaran peluang pemuliaan yang bisa dilakukan dimasa mendatang berdasarkan variasi morfologi dari empat spesies jati yang ada, dengan membaca buku ini diharapkan para peneliti, pemerhati dan pemerhati hutan tanaman jati semakin tergugah untuk membuat terobosan penelitian pemuliaan jati dimasa mendatang” kata M. Anis Fauzi peneliti Balai Besar Litbang BPTH dalam buku berjudul “Beberapa Jenis jati (Tectona sp), variasi dan potensi pemuliaannya”.

Rabu , 31-Maret-2021
HARGA KAYUPUTIH YANG STABIL MEMBUAT PT SRI REJEKI FERTILIZER MELIRIK RENCANA KERJASAMA DENGAN BIOTIFOR

BIOTIFOR (31/03/21) Pandemi, tidak menyurutkan PT Sri Rejeki Fertilizer menjajaki kerjasama dengan BIOTIFOR. Berawal dari pertemuan lewat media zoom yang dilakukan sebelumnya, PT Sri Rejeki Fertilizer merealisasikan proses pembelajaran langsung mengenai budidaya dan pengolahan kayuputih di Balai Besar Litbang BPTH.

Rabu , 31-Maret-2021
Penyegaran Analisis Minyak Kayuputih Dengan Gas Chromatography

BIOTIFOR - Dalam rangka penyegaran pengoperasian alat Gas Chromatography (GC) untuk analisis minyak kayuputih, telah dilakukan hands-on training yang diberikan oleh teknisi GC Bapak Syafaat dari Simpli Lab Teknologi. Pelatihan ini diselenggarakan dari tanggal 24-26 Maret 2021, diikuti oleh seluruh peneliti dan teknisi Tim Penelitian Kayuputih Balai Besar Litbang BPTH

Selasa , 30-Maret-2021
PERTAMA DI KLHK, VARIETAS BARU TANAMAN KEHUTANAN DIMOHONKAN HAK PVT

Empat varietas baru hasil pemuliaan Biotifor sedang dalam Uji BUSS untuk memperoleh Hak PVT.

Biotifor.or.id - Menurut Dr. Ir. Arif Nirsatmanto, M.Sc. peneliti BBPPBPTH, varietas baru tanaman kehutanan yang memperoleh Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) sebelumnya telah ada yang menjadi milik swasta dan BUMN, namun apabila varietas-varietas baru yang sedang dalam Uji BUSS ini memperoleh hak PVT akan menjadi yang perlama di KLHK.

Selasa , 23-Maret-2021
10 TAHUN PERJALANAN JABON MERAH BIOTIFOR YOGYAKARTA

Biotifor.or.id - Kegiatan pemuliaan Jabon yang dilakukan oleh B2P2BPTH telah berumur 10 tahun, salah satunya adalah dengan terbangunnya plot KBSUK generasi pertama (F-1) jenis Jabon merah di Wonogiri, dengan Penanggungjawab kegiatan adalah Teguh Setyaji, S.Hut., M.Sc dengan anggota tim Dr. Arif Nirsatmanto, Dr. Sri Sunarti, Dwi Kartikaningtyas, S.Hut, Betty Rahma H, S. Hut, M.Sc, Surip, S. Hut, M.Sc, Dwi Siwi Y, S.Hut dan Sumaryana. Jabon merah dengan riap dan kualitas kayu yang baik, sangat prospektif sebagai bahan baku playwood, hal ini terbukti beberapa perusahaan playwood di Jawa telah memanfaatkan kayu jabon sebagai bahan baku playwood.

Senin , 22-Maret-2021
REGENERASI PERAKARAN BIBIT TANAMAN CENDANA HASIL KULTUR JARINGAN

Biotifor.or.id – “Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan klon dalam menumbuhkan akar primer maupun sekunder dan perbedaan perkembangan rambut akar dari akar primer dan sekunder saat invitro dan exvitro dalam rangka meningkatkan keberhasilan tahap aklimatisasi kultur jaringan cendana”, jelas Dr. Asri Insiana Putri peneliti BBPPBPTH. Hal tersebut ditulis bersama Dr. Toni Herawan berupa tulisan ilmiah  pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) volume 12 no 2 tahun 2018 halaman 143-150.


 

Senin , 15-Maret-2021
PENANDA SSR (MICROSATELLITES) UNTUK MENGETAHUI STRUKTUR GENETIK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id – Simple Sequences Repeats (SSR) atau microsatellites adalah salah satu sekuen di untai DNA yang mampu mendeteksi alel heterozigot (co- dominan) dan mempunyai tingkat polimorfisme tinggi. Penanda SSR banyak diaplikasikan untuk meningkatkan efisiensi strategi konservasi dan pemuliaan. Dengan diketahuinya struktur genetik maka akan diketahui pula keragaman dan kekerabatan genetiknya sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam pengelolaan plot penghasil benih dengan keragaman genetik tinggi dan bukan hasil kawin kerabat. Hal ini ditulis oleh peneliti Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH), ILG. Nurtjahjaningsih; Purnamila Sulistyawati dan Anto Rimbawanto  pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) volume 13 no 1 tahun 2019 halaman 45-51.

Senin , 8-Maret-2021
LIMBAH "EMAS" INDUSTRI MINYAK NYAMPLUNG

Biotifor.or.id – Berbicara tentang tanaman penghasil bioenergi, pada artikel sebelumnya telah disampaikan beberapa jenis tanaman yang berpotensi menghasilkan bioenergi dan hal-hal terkait. Salah satu tanaman penghasil bioenergi yaitu nyamplung tidak hanya menghasilkan biofuel saja. Limbahnya pun sangat potensial untuk dimanfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Seperti yang dijelaskan Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP dalam buku “Kumpulan Pemikiran 17 Profesor Riset untuk Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan”. 

Senin , 8-Maret-2021
PENYAKIT PADA ACACIA AURICULIFORMIS

Biotifor.or.id – Dua peneliti Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Nur Hidayati, S.Hut. M.Sc. dan Prof. Ris Dr. Ir. Rina Laksmi Hendrati, MP telah melakukan penelitian mengenai penyakit pada Acacia auriculiformis yang diterbitkan pada Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan Vol 12 no 2 tahun 2018 halaman 105 - 113.


 


Hal 1 dari 30
Hal