Berita

Senin , 11-Des-2017
BADAN LITBANG HARUS BISA "MENJUAL DIRI" HASIL LITBANGNYA KEPADA PENGGUNA

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Dr. Ir. Agus Justianto, MSC, bahwa proses pengambilan kebijakan di era ini sangat cepat sekali. Hasil-hasil penelitian dan pengembangan seharusnya merupakan dasar dari setiap pengambilan kebijakan di setiap eselon I teknis di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kamis , 7-Des-2017
BANYAK MANFAAT TASPEN UNTUK PARA PENSIUN MAUPUN ASN AKTIF

YOGYA (biotifor.or.id) – Visi dari PT. Taspen adalah Menjadi Pengelola Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) serta Jaminan Sosial lainnya yang Terpercaya. “Untuk mewujudkan, perlu pelayanan  yang semakin baik kepada peserta secara profesional dan akuntabel berlandaskan integritas dan etika yang Tinggi,” kata Jazair Mafaridik.

Rabu , 6-Des-2017
BENIH UNGGUL HASIL PEMULIAAN B2P2BPTH PERLU MENDAPATKAN PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut UU No. 29 Tahun 2000 bahwa hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) diberikan kepada pemulia dan/atau pemegang hak PVT untuk menggunakan sendiri varietas hasil pemuliaannya atau memberi persetujuan kepada orang atau badan hukum lain untuk menggunakannya selama waktu tertentu.

Senin , 4-Des-2017
SHARING PEROLEHAN PUSAT UNGGULAN IPTEK PEMULIAAN TANAMAN HUTAN TROPIS OLEH B2P2BPTH YOGYAKARTA

YOGYA(biotifor.or.id) – Menurut Prof Suratman bahwa riset dan paten Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang. Masalah ini menjadikan tantangan besar untuk dipecahkan bagi bangsa Indonesia agar dapat bersaing di dunia global.

Rabu , 29-Nov-2017
Mahasiswa INTAN Praktikum Mata Kuliah Silvikultur Di BBPPBPTH

YOGYA (biotifor.or.id) - “Kami sangat senang adik-adik mahasiswa INTAN datang ke kantor kami untuk belajar dan praktek tentang ilmu pemuliaan, kami juga menerima mahasiswa yang mau bimbingan skripsi maupun kerja praktek, nanti akan di bimbing peneliti-peneliti kami” kata Nina Juliaty pada saat menyambut kedatangan mahasiswa INTAN di ruang seminar BBPPBPTH Pada hari selasa (28/11/2017).

Rabu , 15-Nov-2017
INPASSING, KEBIJAKAN UNTUK MENAMBAH PENELITI NASIONAL

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Perka LIPI No. 5/2017 bahwa penyesuaian/Inpassing adalah proses pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional guna memenuhi kebutuhan organisasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam jangka waktu tertentu.

Senin , 13-Nov-2017
PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI

YOGYA (biotifor.or.id) – Kemerdekaan telah kita raih, maka tahap selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat adil dan makmur.

Rabu , 8-Nov-2017
PELUANG AKSES RISET KONSERVASI SUMBERDAYA GENETIK TERBUKA LEBAR DENGAN ADANYA PUI

YOGYA (biotifor.or.id) - Langkah menjalin kerjasama riset konservasi sumberdaya genetik flora maupun fauna di beberapa Taman Nasional mendapat dukungan dari Prof. Dr. Ir. Moh. Na'iem. Hal ini karena materi genetik masih banyak tersimpan di hutan tropis Indonesia baik di Hutan Konservasi maupun Hutan Lindung.

Senin , 6-Nov-2017
PENYEGARAN DI GUA PINDUL UNTUK MENJALIN KEKOMPAKAN KARYAWAN B2P2BPTH YOGYAKARTA

YOGYA (biotifor.or.id) – Rutinitas pekerjaan di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah untuk mencapai tujuan organisasi perlu diimbangi penyegaran agar para karyawan tidak merasa bosan. “Saya berharap agar cara ini lancar, sukses, aman, dan menyenangkan kita semua.”

Selasa , 31-Okt-2017
PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENDUKUNG PROGRAM KONSERVASI SUMBERDAYA GENETIK

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Ir. Nina Juliaty bahwa kegiatan penelitian dan pengembangan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta banyak berhubungan dengan areal geografis. Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) diperlukan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para peneliti dan teknisi.

Senin , 30-Okt-2017
MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWANYA, SD SALSABILA BERKUNJUNG KE B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kami mohon doannya, agar dapat selalu belajar dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak didik kami. Kegiatan seperti ini bertujuan agar dapat meningkatkan Life Skill sebagai bekal dalam kehidupan siswa kami”, kata Ustadz M. Zaelani, MA.

Jumat , 27-Okt-2017
AKREDITASI KNAPPP, SARANA UNTUK MENJADI LEMBAGA YANG AKUNTABEL DAN KREDIBEL

YOGYA (biotifor.or.id) – “Hal yang paling utama apabila memperoleh akreditasi dari KNAPP adalah dapat menjadi sarana untuk meningkatkan capaian institusi menjadi lembaga yang lebih akuntabel dan kredibel”, ucap Ir. Tandya Tjahjana, M.Si. pada penutupan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen KNAPPP, Selasa (24/10/2017).

Jumat , 27-Okt-2017
PEMBINAAN TEKNISI LITKAYASA B2P2BPTH YOGYAKARTA

YOGYAKARTA (biotifor.or.id) –  “Fungsional pegawai lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI) merupakan tugas dari Bagian Kepegawaian, Hukum dan Ortala, Sekretariat BLI saat ini telah berkembang organisasinya yang melayani Kepegawaian, Hukum dan Organisasi Tata Laksana, sehingga disana ada 3 bagian. 

Rabu , 25-Okt-2017
MEMPERLUAS SUDUT PANDANG SISWA DENGAN BERKUNJUNG KE B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – Ade Sutadi, SP.,MM. menjelaskan bahwa tujuan utama membawa siswa-siswa SMK 3 Baleendah, Bandung, Jawa Barat ini agar para siswa dapat melihat bidang pertanian dalam arti yang luas. Selama ini ada asumsi bahwa bidang pertanian itu hanya sebatas kegiatan budidaya tanaman pertanian saja.

Senin , 23-Okt-2017
LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS DI AKHIR TAHUN ANGGARAN 2017

YOGYA (biotifor.or.id) – Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada akhir tahun anggaran di institusi-institusi pemerintah, adalah realisasi belanja dan sisa waktu pelaksanaan kegiatan. Hal tersebut perlu dicarikan solusi dengan langkah-langkah strategis dalam penyerapan sisa anggaran.
Untuk itu B2P2BPTH melakukan Sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-12/PB/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2017, Rabu, (18/10/2017).

Kamis , 19-Okt-2017
KUNJUNGAN BALASAN MAHASISWA UKDW KE KANTOR B2P2BPTH YOGYAKARTA

YOGYA (biotifor.or.id) – Menurut Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si bahwa tujuan kunjungan Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) ini adalah untuk melihat secara langsung aplikasi ilmu bioteknologi untuk kegiatan litbang di bidang kehutanan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta.

Rabu , 18-Okt-2017
DAYA DUKUNG PAKAN KOMODO, MENGANCAM KELESTARIAN SATWA DILINDUNGI DUNIA

YOGYAKARTA (biotifor.or.id) - Salah satu permasalahan yang dihadapi pengelola Taman Nasional Komodo (TNK) adalah menurunya populasi Kerbau dan Kuda sebagai pakan Komodo. Penurunan populasi kedua pakan Komodo ini dikhawatirkan akan terjadi inbreeding dan dalam jangka panjang bisa terjadi kepunahan.

Senin , 16-Okt-2017
DNA FORENSIK SIAP MENDUKUNG PROGRAM KLINIK LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA

YOGYA (biotifor.or.id) – Penegakan hukum di bidang lingkungan dan kehutanan kedepan harus berbasiskan ilmu pengetahuan (science) sebagai data dukung atas barang bukti kejahatan yang ditemukan di lapangan. DNA forensik yang berbasiskan bioscience yang dimiliki Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta ini salah satunya.

Kamis , 5-Okt-2017
KERAGAMAN GENETIK POPULASI Calophyllum Inophyllum MENGGUNAKAN PENANDA RAPD (RANDOM AMPLIFICATION POLYMORPHISM DNA)

YOGYA (biotifor.or.id) – Tumbuhan Nyamplung (Calophyllum inophyllum) tersebar secara alami dan luas di hampir seluruh pantai di Indonesia. Keragaman genetik merupakan pertimbangan penting dalam mendukung keberhasilan dalam menyusun strategi pemuliaanya.

Rabu , 4-Okt-2017
PANCASILA, PEMERSATU KEHIDUPAN BERBANGSA BERNEGARA

YOGYA (biotifor.or.id) – Nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik, sebagai mana telah kita tampilkan dalam pemilu beberapa waktu yang lalu. Hal ini sekaligus juga menepis seolah-olah Pancasila kurang memperoleh perhatian bersama sejak reformasi 1998. Pada tahun 2017 ini tema Hari Kesaktian Pancasila adalah “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”.


Hal 1 dari 20
Hal