Berita

Kamis , 13-Agust-2020
MENGEMBALIKAN KEJAYAAN CENDANA DI INDONESIA

Perlu Dukungan dan Sinergi Berbagai Pihak, Untuk Mengembalikan Kejayaan The King of Plant Perfume di Indonesia

BIOTIFOR (Yogya, 11/08/2020) - Cendana (Santalum album Linn) atau East Indian Sandalwood sejak lama dikenal sebagai komoditi yang mahal. Cendana juga dikenal sebagai The King of Plant Perfume.  Di Indonesia, cendana tumbuh alami di kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rabu , 12-Agust-2020
ICBB 2020 "ADVANCED TECHNOLOGY AND DIGITAL INNOVATIONS IN BIOMASS, BIOENERGY AND AGRICULTURE"

BIOTIFOR (11/08/2020) Eritrina Windyarini, S.Hut, M.Sc peneliti BBPPBPTH menjadi presenter dalam International Conference of Biomass and Bioenergy (ICBB 2020) dengan tema “Advanced Technology and Digital Innovations in Biomass, Bioenergy and Agriculture”.

Senin , 10-Agust-2020
Webinar BIOTIFOR 2020 Seri 2 : CENDANA

"TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN CENDANA MENDUKUNG HUTAN RAKYAT"

Hari   : Selasa, 11 Agustus 2020

Media : Live Zoom dan Youtube Biotifor Jogja

Pukul : 09.00 - 11.15

Webinar ini terbuka untuk umum melalui aplikasi zoom meeting sampai dengan 300 peserta dan live streaming Youtube Biotifor Jogja.

Registrasi dapat dilakukan melalui link: https://bit.ly/WebinarBiotifor2Cendana

Jumat , 7-Agust-2020
TEKNIK KULTUR JARINGAN, ALTERNATIF PENTING DALAM PENYEDIAAN BIBIT BERKUALITAS

BIOTIFOR (Yogya 05/08/2020) Penggunaan teknik kultur jaringan merupakan alternatif penting yang diharapkan dapat membantu permasalahan penyediaan bibit berkualitas. Kultur jaringan tanaman menjadi penting karena mempunyai keunggulan.

Rabu , 5-Agust-2020
TERBUKTI MURNI, GENETIK BANTENG JAWA DI EMPAT TAMAN NASIONAL

BIOTIFOR (Yogya 04/08/2020) Banteng Jawa (B. j. javanicus) yang terdapat di empat Taman Nasional di Pulau Jawa terbukti merupakan sub spesies tersendiri, masih memiliki genetik murni dan tidak terjadi hibrid berdasarkan pohon filogenetik. Banteng Jawa merupakan sub spesies yang berbeda dengan banteng Kalimantan dan masih terpisah secara genetik dengan sapi peliharaan.

Senin , 3-Agust-2020
WEBINAR BIOTIFOR 2020 SERI 1

"Peran Kultur Jaringan dalam Penyediaan Bibit Berkualitas sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Mendukung Pemulihan Fungsi dan Daya Dukung DAS"

Hari/Tgl : Rabu, 5 Agustus 2020

Waktu   : 09.00 - 11.15 WIB (Reg.masuk: 08.30 WIB).

Webinar ini terbuka untuk umum melalui aplikasi zoom meeting sampai dengan 300 peserta dan live streaming Youtube Biotifor Jogja.

Registrasi dapat dilakukan melalui link: https://bit.ly/WebinarBiotifor1Kuljar

Free e-sertifikat dan tersedia doorprize (giveaway) peserta terpilih.

Senin , 27-Juli-2020
HASIL PEMULIAAN AKASIA UNTUK INDUSTRI KEHUTANAN

Pemuliaan adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan produksi kayu akasia

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) merupakan salah satu lembaga penelitian yang telah melakukan kegiatan pengembangan genetik dan pemuliaan untuk 4 jenis acacia tropis, yaitu Acacia mangium, Acacia auriculiformis, Acacia crassicarpa dan Acacia hybrids. Keempat jenis Acacia ini merupakan pohon yang paling dominan di hutan tanaman industri di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Papua Nugini.  Acacia ditanam untuk memasok bahan baku industri kehutanan seperti pulp dan kertas, kayu gergajian, industri kayu lapis, dan Kayu energi.

Jumat , 24-Juli-2020
DISKUSI NASIONAL TIMBER REGULATION ENFORCEMENT EXCHANGE (TREE)

DISKUSI NASIONAL TREE Sub-Tema Science-led Enforcement: capacity and methods for timber testing

Forest Trends dan Institute for Global Strategy (IGES) menyelenggarakan TREE Asia - Pasific Online Meeting pada 27-29 Juli 2020. Isu pembahasan antara lain terkait penegakan hukum, norma kepatuhan dan hubungan dengan negara produsen, industri dan parapihak dalam pemberantasan ilegal logging dan mempromosikan kayu legal di pasar global.

Selasa , 14-Juli-2020
MENGGALI POTENSI MENUJU KHDTK MANDIRI

Kekayaan Materi Genetik dan Potensi Khas KHDTK Balai Besar Litbang Yogya

Tim Penilai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK), Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI-KLHK) mendapat tugas untuk melakukan monitoring, evaluari dan penilaian terhadap beberapa KHDTK yang dikelola oleh UPT-UPT di bawah BLI. Beberapa KHDTK yang dikunjungi adalah KHDTK yang dikelola oleh Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta.

Senin , 13-Juli-2020
PROCEEDING INAFOR MFGR 2019 TELAH TERBIT DI IOP CONFERENCE SERIES

BIOTIFOR (Yogya, 13/07/2020)  Prosiding INAFOR 2019 : Managing Forest Genetic Resources in Changing Lanscape telah terbit di IOP conference series : earth and environmental science volume 522 tahun 2020 pada tanggal 9 Juli 2020.

Untuk mengakses prosiding tersebut dapat membuka tautan berikut : https://iopscience.iop.org/issue/1755-1315/522/1.

Jumat , 3-Juli-2020
TANTANGAN-TANTANGAN DALAM PEMULIAAN TANAMAN HUTAN

BIOTIFOR (Yogya, 02/07/2020) Pelaksanaan program pemuliaan tanaman hutan selain untuk meningkatkan kinerja pertumbuhan tanaman, juga harus mempunyai kemampuan tumbuh pada tapak yang spesifik, ketahanan terhadap hama dan penyakit, toleran terhadap serangan angin dan kondisi lain yang dikehendaki.

Kamis , 2-Juli-2020
TERIDENTIFIKASI, INI JAMUR PENYEBAB PENYAKIT PADA TANAMAN KALIANDRA

Jamur Rhizoctonia solani dan Fusarium sp. adalah penyebab penyakit lodoh pada semai kaliandra

[B2P2BPTH] _Seperti diketahui, salah satu faktor yang menentukan berhasilnya pengelolaan hutan adalah tersedianya bibit tanaman kehutanan yang berkualitas. Namun serangan patogen yang menyebabkan penyakit di persemaian menjadi salah satu penyebab tidak terpenuhinya target bibit yang dibutuhkan. Terkait itu, Balai Besar Litbang BPTH (B2P2BPTH/Biotifor) melakukan penelitian terhadap penyakit lodoh pada semai kaliandra, salah satu tanaman hutan.

Selasa , 23-Juni-2020
VIRTUAL MEETING PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI

BIOTIFOR (22/06/2020) Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Senin (22/06) melakukan virtual meeting dalam rangka berbagi pengetahuan dan masukan tentang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi.




Jumat , 19-Juni-2020
NYAMPLUNG, POTENSIAL UNTUK BIOENERGI DAN TAHAN TERHADAP LINGKUNGAN EKSTREM

Webinar CoE PLACE Series #3: Potensi Bionergi Di Lahan Gambut

Nyamplung merupakan sumber potensial penghasil bioenergi (biodiesel). Tanaman ini mempunyai potensi rendemen minyak cukup tinggi yang mencapai 50% lebih, sebagai pembanding jarak pagar memiliki rendemen sekitar 25-40%, sedangkan kelor berkisar 39-40%. Tanaman nyamplung mempunyai potensi produktivitas buah mencapai 20 ton/ha/th, lebih besar dari jarak pagar yang hanya 5 ton/ha/th.

Kamis , 18-Juni-2020
KANDUNGAN MINYAK ATSIRI KAYUPUTIH BERPOTENSI SEBAGAI PENCEGAH VIRUS COVID 19

Menurut Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BPTH), Dr. Nur Sumedi, S.PI, MP. bahwa hasil penelitian yang dilaporkan oleh Sharma dan Kaur (2020), menguatkan potensi minyak atsiri kayuputih sebagai pencegah virus Covid 19. Namun begitu masih perlu pembuktian secara empiris lebih lanjut

Senin , 15-Juni-2020
PERINTIS KAYUPUTIH DI TANAH PAPUA ITU KINI TELAH TIADA

MOSES, PERINTIS KAYUPUTIH DI TANAH PAPUA ITU TELAH TIADA

Namanya Moses Rongeari, seorang penduduk Kampung Rimbajaya Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor, yang menopang kehidupan keluarganya dari sumber alam tanah dan hutan. Dia sadar bahwa menebang pohon di hutan secara illegal adalah sesuatu yang salah, namun dia tak punya pilihan lain. Bercocok tanam sayur mayur untuk dijual ke pasar tak juga mencukupi kebutuhan keluarga yang terus meningkat.

Rabu , 3-Juni-2020
BIOENERGY PARTNERS E-WORKSHOP

Assessing Bioenergy Plantation Potensial on Degraded Land

BIOTIFOR (Yogya, 02/06/2020) Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Selasa (2/6) melakukan Bioenergy E-workshop dengan mitra kerjasama dari The Center of International Forestry Research (CIFOR), National Institute of Forest Science (NIFOS) Korea Selatan, Pusat Penelitian Hutan Tropis  (Pusrehut) Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda, Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) dan  Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang.

Senin , 1-Juni-2020
Selamat Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2020

BIOTIFOR (Yogya, 01/06/2020) ”Selamat Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2020, walau hari ini kita belum dapat melakukan upacara bendera secara bersama-sama karena pandemi Covid-19 belum berakhir, namun jiwa nasionalisme kita tidaklah boleh luntur sedikit pun”, tegas Dr Nur Sumedi, S.Pi., MP selaku Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan melalui sambungan online setelah selesai mengikuti kegiatan upacara bendera secara online di kediamannya.

Minggu , 17-Mei-2020
107 TAHUN BADAN LITBANG DAN INOVASI MENGABDI UNTUK INDONESIA

Badan Litbang dan Inovasi (BLI/FORDA) berusia 107 tahun. Memasuki abad kedua peran BLI dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, terutama di era pandemi Covid-19 ini, Dr. Agus Justianto, Kepala BLI berpesan, ”Dirgahayu FORDA, siapkan diri menghadapi new normal.”

Selasa , 12-Mei-2020
PENERAPAN PROSEDUR KESEHATAN

Aparat Keamanan dan Tenaga Medis Kasih Contoh

Tetap Istiqamah putus penyebaran Covid-19 dengan disiplin menerapkan prosedur kesehatan:

   1. Pakai masker; 2.  Rutin cek suhu tubuh; 3.  Cuci tangan dengan sabun kayu putih; 4.  Kipas disinfektan yang aman bagi tubuh; 5.  Gunakan hand sanitizer; 6.  Terapkan physical distancing.


Hal 1 dari 27
Hal