Berita

Senin , 17-Des-2018
NILAI CAPAIAN INDKATOR PUI B2P2BPTH TAHUN 2018 SEBESAR 9,9

JOGJA (biotifor.or.id) – “Nilai capaian indikator PUI Pemuliaan Tanaman Hutan Tropis (PTHT) Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta Tahun 2018 terus meningkat. Pada tahun 2016 sebesar 9,2 kemudian meningkat menjadi 9,7 dan pada tahun 2017 dan meningkat kembali menjadi 9,9,” ujar Priyo Kusumedi, S.Hut.,MP., Koordinator PUI B2P2BPTH di kantor B2P2BPTH, Senin (17/12/2018).

Senin , 17-Des-2018
APRESIASI LEMBAGA LITBANG 2018, BANGUN SINERGI UNTUK HASILKAN PRODUK LITBANG UNGGULAN

SERPONG (biotifor.or.id) – “Dalam kurun waktu tahun 2018 ini kami melakukan inisiasi program platform sinergisitas antar lembaga litbang dari 72 lembaga, terdapat 1.652 potensi kerjasama,” ujar Ir. Kemal Prihatman, M.Eng. dalam acara Apresiasi Lembaga Litbang tahun 2018, di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Kamis (13/12/2018).

Jumat , 14-Des-2018
MENGANTAR JALAK BALI PULANG KE HABITATNYA

SURAKARTA (biotifor.or.id) – Kepala B2P2BPTH, Ir. Tandya Tjahjana, M. Si yang juga merangkap sebagai Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial mengapreasiasi segenap teman-teman penangkar dari Jawa Tengah yang telah melepasliarkan jalak bali ke habitat aslinya di Taman Nasional Bali Barat, hal itu dikatakannya dalam acara Festival Penangkaran 2018, di Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, Sabtu (01/12/2018).

Kamis , 13-Des-2018
PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN (PVT), PENGHARGAAN TERTINGGI KEPADA PEMULIA TANAMAN

YOGYA (biotifor.or.id) - “Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) merupakan kekayaan intelektual sebagai penghargaan tertinggi kepada para pemulia tanaman dalam merakit varietas tanaman,”kata Dr. Arif Nirsatmanto, pada saat menjelaskan tentang penghargaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yaitu 4 buah sertifikat PVT untuk 4 varietas unggul tanaman hutan di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta, Rabu (12/12).

Senin , 3-Des-2018
BERSINERGI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DALAM ANTISIPASI DAN MITIGASI BENCANA

YOGYA (biotifor.or.id) – “Konferensi ini penting untuk diadakan, yang memungkinkan semua pemangku kepentingan termasuk peneliti, akademisi, sektor swasta, pembuat kebijakan dan para pihak berbagi ide dalam merumuskan temuan penelitian dan memecahkan masalah mengenai antisipasi dan mitigasi bencana,” kata Dr. Syaiful Anwar, Kepala Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim, ketika mewakili Kepala BLI memberikan sambutan pada Joint International Conference (JIC) On Hydro-Meteorological Disaster Mitigation Under Global Change, di Auditorium Merapi UGM, Kamis (29/11/2018).

Senin , 26-Nov-2018
PARTISIPASI DI BULAN TEKNOLOGI BPTBA-LIPI, HASIL PENELITIAN B2P2BPTH TAMPIL DI TAMAN PINTAR

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Teknologi yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam-Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA-LIPI). Keikutsertaan B2P2BPTH pada event itu melalui kegiatan pameran yang dilaksanakan di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis-Sabtu (15-17/11/2018).

Minggu , 25-Nov-2018
TUGAS BERSAMA UNTUK MEMBUAT LEMBAGA LITBANG UNGGUL DI INDONESIA

YOGYA (biotifor.or.id) – Kegiatan Pusat Unggulan Iptek (PUI) bukan hanya pekerjaan sebagian orang atau pihak tertentu, hal ini sangat penting untuk dipahami. “Bukan pekerjaan B2P2BPTH saja, bukan juga pekerjaan Kemenristekdikti saja, namun adalah pekerjaan kita bersama, untuk membuat bagaimana lembaga litbang di Indonesia bisa unggul”, ujar Ir. Kemal Prihatman, M.Eng.

Senin , 12-Nov-2018
PERBANYAKAN MIKRO POHON TROPIS YANG TERANCAM PUNAH

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH), telah menjalin kerjasama dengan Asia Pulp and Paper Group. Kerjasama ini untuk melakukan penelitian dan pengembangan, diantaranya mengenai propagasi/perbanyakan mikro ramin dengan tujuan konservasi, reklamasi lahan-lahan gambut terdegradasi dan penanaman di lahan Hutan Tanaman Industri di Sumatera.

Rabu , 7-Nov-2018
MENUJU KEJAYAAN KEHUTANAN INDONESIA DI TAHUN 2045

YOGYAKARTA (biotifor.or.id) - “Dari sisi input mahasiswa, kita unggul secara akademik. Dari sisi proses, kita unggul karena berbagai akreditasi BAN PT dan internasional telah dilakukan dan pendukung untuk peningkatan kualitas pembelajaran yang prima. Sedangkan output yang baik ditunjukkan dengan predikat kelulusan dan masa studi yang semakin pendek. Hal yang di luar kendali kampus adalah outcome atau impact-nya tidak sepenuhnya berdampak positif bagi perbaikan kondisi sumber daya hutan.”

Jumat , 2-Nov-2018
DUA PENELITI B2P2BPTH ORAL PRESENTATION PADA ICUE 2018 DI THAILAND

YOGYA (biotifor.or.id) – Dua peneliti B2P2BPTH yaitu Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, M.P. dan Dr. Ir. Asri Insiana Putri, M.P menyampaikan makalah secara oral pada International Conference on Green Energy for Sustainable Development (ICUE 2018) yang diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2018, di Hotel Thavron Palm Beach Resort Karon, Phuket, Thailand.

Jumat , 2-Nov-2018
BBPPBPTH SIAP MENYEDIAKAN BENIH UNGGUL KAYUPUTIH DENGAN KEBUN BENIH BERSERTIFIKAT

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta telah memiliki dua kebun benih kayu putih yang telah tersertifikasi yaitu Kebun Benih Klon kayu putih Playen  dan Kebun Benih Semai F-2 Kayu Putih. Kedua kebun benih ini berlokasi di Desa Banyusoco, Playen Gunung  Kidul Yogyakarta. Hal ini sesuai dengan Surat Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah I Palembang  nomor : S 192/BPTH.I-3/2018 tanggal 6 september 2018 perihal Sertifikat Sumber benih.

Kamis , 18-Okt-2018
MAHASISWA BARU UKDW MENIMBA ILMU DI B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH), kembali medapat kunjungan dari mahasiswa Fakultas Bioteknologi,  Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), untuk menimba ilmu tentang genetika molekuler dan kultur jaringan.

Kamis , 18-Okt-2018
B2P2BPTH SEBAGAI AJANG BELAJAR HIMABA UGM

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kegiatan kunjungan instansi ini sebagai ajang bagi kami untuk belajar di Balai Besar,” ujar Ilham Dwi Ardiyansah, Ketua Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan (HIMABA) Fakultas Kehutanan UGM, saat memberikan sambutan di B2P2BPTH, Jumat (12/10/2018).

Kamis , 4-Okt-2018
"BIBIT-BIBIT UNGGUL" SMPIT SALMAN AL FARISI MENGUNJUNGI PERSEMAIAN BIBIT UNGGUL B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – Rasyid Yuhdi, M.Pd., PLt Kepala SMPIT Salman Al Farisi mengatakan. bahwa kalau di B2P2BPTH ada persemaian bibit unggul, di SMPIT Salman Al Farisi para guru/ustaz juga menyemai dan menanam “bibit-bibit unggul”. Hal itu disampaikan guru mata pelajaran IPA tersebut saat memberikan sambutan kunjungan di B2P2BPTH, Selasa (02/10/2018).

Kamis , 4-Okt-2018
PARTISIPASI B2P2BPTH PADA FESTIVAL KPH TINGKAT NASIONAL DAN PUSAKA 2018

BANTUL (biotifor.or.id) – B2P2BPTH tergabung dalam stand pameran BLI KLHK pada  Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) 2018 di Hutan Pinus Sari Mangunan Bantul, Jumat (28/9/2018). Pada acara yang dibuka oleh Presiden R.I., Joko Widodo, B2P2BPTH menampilkan benih dan minyak kayu putih, beberapa contoh tanaman hasil penelitian kultur jaringan, serta publikasi hasil penelitian.

Selasa , 2-Okt-2018
FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA MASIH RELEVAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN GENERASI MILENIAL

YOGYA (biotifor.or.id) - Bonus demografi di Indonesia yang diperkirakan pada kurun waktu tahun 2025-2035 memiliki potensi positif dan harus digarap serius. Generasi milenial dan generasi Z yang jumlahnya cukup banyak pada era itu jika didukung oleh sistem pendidikan yang tepat akan dapat mewujudkan Negara Indonesia yang maju dan mandiri.

Selasa , 25-Sept-2018
RENCANA KERJA SAMA, DJARUM FOUNDATION KUNJUNGI KHDTK ALAS KETU WONOGIRI

WONOGIRI (biotifor.or.id) – Dalam rangka tindak lanjut rencana kerja sama antara PT. Djarum dengan B2P2BPTH, tim CSR Djarum Foundation melakukan kunjungan ke KHDTK Alas Ketu Wonogiri, Rabu (19/09/2018). Hal ini dilakukan agar dapat memberi gambaran kondisi riil di lapangan, sehingga ke depannya penyusunan rencana kerjasama dapat mempertimbangkan segala aspek.

Selasa , 25-Sept-2018
PAMERAN & TALKSHOW KULTUR JARINGAN TANAMAN HUTAN B2P2BPTH DI BIOTECH EXPO UKDW 2018

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) menampilkan produk hasil penelitian kultur jaringan, produk minyak kayu putih, dan publikasi berupa Jurnal, Informasi Teknis, Leaflet, Booklet, Warta pada kegiatan Pameran BioTECH EXPO 2018 di Atrium Agape Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta tanggal 20 s/d 21 September 2018.

Selasa , 18-Sept-2018
SISWA JOGJAKARTA MONTESSORI SCHOOL BELAJAR KULTUR JARINGAN DI B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – “Tujuan dari kunjungan ini adalah melihat tahapan-tahapan kultur jaringan dan perbanyakan tanaman secara vegetatif micro”, ujar Aditya Hilman Pratama, S. Pd.

Selasa , 18-Sept-2018
SISWA SMAKBO : MELIHAT PENERAPAN TEORI DI DUNIA KERJA

YOGYA (biotifor.or.id) – Rahman Arief, STP., mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ke B2P2BPTH yang pertama, siswa kelas XIII sudah 3 tahun menimba ilmu di SMAKBO dan ingin melihat sejauh mana aplikasi dari teori/pelajaran di sekolah diterapkan baik di industri maupun di instansi pemerintah seperti B2P2BPTH.


Hal 1 dari 23
Hal