Berita

Kamis , 18-Okt-2018
MAHASISWA BARU UKDW MENIMBA ILMU DI B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH), kembali medapat kunjungan dari mahasiswa Fakultas Bioteknologi,  Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), untuk menimba ilmu tentang genetika molekuler dan kultur jaringan.

Kamis , 18-Okt-2018
B2P2BPTH SEBAGAI AJANG BELAJAR HIMABA UGM

YOGYA (biotifor.or.id) – “Kegiatan kunjungan instansi ini sebagai ajang bagi kami untuk belajar di Balai Besar,” ujar Ilham Dwi Ardiyansah, Ketua Himpunan Mahasiswa Budidaya Hutan (HIMABA) Fakultas Kehutanan UGM, saat memberikan sambutan di B2P2BPTH, Jumat (12/10/2018).

Kamis , 4-Okt-2018
"BIBIT-BIBIT UNGGUL" SMPIT SALMAN AL FARISI MENGUNJUNGI PERSEMAIAN BIBIT UNGGUL B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – Rasyid Yuhdi, M.Pd., PLt Kepala SMPIT Salman Al Farisi mengatakan. bahwa kalau di B2P2BPTH ada persemaian bibit unggul, di SMPIT Salman Al Farisi para guru/ustaz juga menyemai dan menanam “bibit-bibit unggul”. Hal itu disampaikan guru mata pelajaran IPA tersebut saat memberikan sambutan kunjungan di B2P2BPTH, Selasa (02/10/2018).

Kamis , 4-Okt-2018
PARTISIPASI B2P2BPTH PADA FESTIVAL KPH TINGKAT NASIONAL DAN PUSAKA 2018

BANTUL (biotifor.or.id) – B2P2BPTH tergabung dalam stand pameran BLI KLHK pada  Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA) 2018 di Hutan Pinus Sari Mangunan Bantul, Jumat (28/9/2018). Pada acara yang dibuka oleh Presiden R.I., Joko Widodo, B2P2BPTH menampilkan benih dan minyak kayu putih, beberapa contoh tanaman hasil penelitian kultur jaringan, serta publikasi hasil penelitian.

Selasa , 2-Okt-2018
FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA MASIH RELEVAN DALAM SISTEM PENDIDIKAN GENERASI MILENIAL

YOGYA (biotifor.or.id) - Bonus demografi di Indonesia yang diperkirakan pada kurun waktu tahun 2025-2035 memiliki potensi positif dan harus digarap serius. Generasi milenial dan generasi Z yang jumlahnya cukup banyak pada era itu jika didukung oleh sistem pendidikan yang tepat akan dapat mewujudkan Negara Indonesia yang maju dan mandiri.

Selasa , 25-Sept-2018
RENCANA KERJA SAMA, DJARUM FOUNDATION KUNJUNGI KHDTK ALAS KETU WONOGIRI

WONOGIRI (biotifor.or.id) – Dalam rangka tindak lanjut rencana kerja sama antara PT. Djarum dengan B2P2BPTH, tim CSR Djarum Foundation melakukan kunjungan ke KHDTK Alas Ketu Wonogiri, Rabu (19/09/2018). Hal ini dilakukan agar dapat memberi gambaran kondisi riil di lapangan, sehingga ke depannya penyusunan rencana kerjasama dapat mempertimbangkan segala aspek.

Selasa , 25-Sept-2018
PAMERAN & TALKSHOW KULTUR JARINGAN TANAMAN HUTAN B2P2BPTH DI BIOTECH EXPO UKDW 2018

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) menampilkan produk hasil penelitian kultur jaringan, produk minyak kayu putih, dan publikasi berupa Jurnal, Informasi Teknis, Leaflet, Booklet, Warta pada kegiatan Pameran BioTECH EXPO 2018 di Atrium Agape Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta tanggal 20 s/d 21 September 2018.

Selasa , 18-Sept-2018
SISWA JOGJAKARTA MONTESSORI SCHOOL BELAJAR KULTUR JARINGAN DI B2P2BPTH

YOGYA (biotifor.or.id) – “Tujuan dari kunjungan ini adalah melihat tahapan-tahapan kultur jaringan dan perbanyakan tanaman secara vegetatif micro”, ujar Aditya Hilman Pratama, S. Pd.

Selasa , 18-Sept-2018
SISWA SMAKBO : MELIHAT PENERAPAN TEORI DI DUNIA KERJA

YOGYA (biotifor.or.id) – Rahman Arief, STP., mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ke B2P2BPTH yang pertama, siswa kelas XIII sudah 3 tahun menimba ilmu di SMAKBO dan ingin melihat sejauh mana aplikasi dari teori/pelajaran di sekolah diterapkan baik di industri maupun di instansi pemerintah seperti B2P2BPTH.

Senin , 10-Sept-2018
B2P2BPTH DUKUNG UPAYA PENEGAKAN HUKUM BAGI KEJAHATAN KEHUTANAN MELALUI DNA FORENSIK

YOGYA (biotifor.or.id) - “Sebagai lembaga riset, kami, Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) bekerjasama dengan Direktorat Pencegahan dan Pengamanan Hutan serta United Nation Development Program (UNDP) mendukung upaya penegakan hukum bagi perdagangan ilegal terhadap satwa dan flora dilindungi di Indonesia melalui kegiatan pelatihan ini,” ujar Ir. Tandya Tjahjana, M.Si.

Kamis , 16-Agust-2018
INOVASI BENIH UNGGUL KAYUPUTIH PURWOBINANGUN DALAM RITECH EXPO 2018

Pekanbaru (biotifor.or.id) _Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPPBPTH) Yogyakarta, patut berbangga sebab salah satu produk inovasi litbangnya yakni kayuputih diundang dalam pameran Ritech (Research and Technology) Expo 2018  tanggal 9 – 12 Agustus 2018 di Pekanbaru pada Zona “Eye Catching”.

Jumat , 10-Agust-2018
KONSOLIDASI PUSTAKAWAN BLI MENUJU PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MODERN DI ERA MILENIAL

BOGOR (biotifor.or.id) –Pustakawan adalah tulang punggung perpustakaan dan ujung tombak diseminasi di era milenial . Hal ini disampaikan oleh Kabag Evaluasi Diseminasi dan Perpustakaan Dr. Hernita Wahyuni mewakili Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi pada saat membuka acara konsolidasi pustakawan lingkup BLI dengan tema “Revitalisasi Peran Pustakawan BLI Mendukung Pengelolaan Perpustakaan Modern di Era Milenial”, bertempat di ruang rapat sekretariat Badan Litbang dan Inovasi Selasa 31 Juli 2018. 

Sabtu , 4-Agust-2018
FIELD TRIP WORKSHOP "REMOTE SENSING FOR FOREST INVENTORY AND HEALTH"

SIAK (biotifor.or.id) – Field trip Workshop “Remote Sensing for Forest Inventory and Health” dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018, atau hari kedua pelaksanaan workshop. Lokasi yang dipilih adalah plot pertanaman akasia milik PT. Arara Abadi di Distrik Rasau Kuning, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Sabtu , 4-Agust-2018
PENGGUNAAN UAVs UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT DI HUTAN TANAMAN

PEKANBARU (biotifor.or.id) – Workshop “Remote Sensing for Forest Inventory and Health” bertujuan untuk menyajikan contoh-contoh penelitian terkini dalam penggunaan penginderaan jarak jauh untuk aplikasi pengelolaan hutan tanaman. Kegiatan ini fokus pada penggunaan low-cost Unmanned Aerial Vehicles (UAVs) atau kendaraan udara tak berawak murah untuk mengumpulkan data inventarisasi hutan dan pemantauan kesehatan pohon.

Senin , 30-Juli-2018
BIO-BASE ECONOMY, PELUANG PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0.

YOGYAKARTA (biotifor.or.id)_Bio-based economy adalah paradigma yang menggunakan konsep ekologi dalam perekonomian. Lingkupnya meliputi produksi komoditas dengan bahan baku alam, hemat energi, dan memanfaatkan limbah menjadi produk bernilai tambah.

Senin , 23-Juli-2018
PERKUAT LEMBAGA PUI, B2P2BPTH SINERGI DENGAN BBPK

YOGYA (biotifor.or.id) – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta menerima kunjungan studi banding Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) Bandung, Kamis (19/07/2018). Kunjungan studi banding ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat lembaga PUI.

Jumat , 20-Juli-2018
JPTH RAIH AKREDITASI JURNAL KEMENRISTEKDIKTI

JAKARTA (biotifor.or.id) – Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan (JPTH) B2P2BPTH meraih akreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai jurnal ilmiah terakreditasi peringkat 2. Penyerahan sertifikat dilakukan pada acara Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional pada tanggal 17 Juli 2018 di Auditorium Utama LIPI.

Jumat , 20-Juli-2018
TULISAN ILMIAH, HASIL KERJA MINIMAL SEORANG PENELITI

CIBINONG (biotifor.or.id) _Mengacu pada Nawa Cita, terutama pada butir ketiga, “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” maka paket Iptek hasil riset harus mampu diimplementasikan sampai ke tingkat desa/daerah tertingal. Dengan paket Iptek dari lembaga litbang yang komprehensif ini diharapkan daerah tertinggal dapat cepat mandiri.

 

Rabu , 11-Juli-2018
PENELITI B2P2BPTH RAIH BEST PAPER AWARD PADA INTERNATIONAL CONFERENCE DI AUSTRALIA

YOGYA (biotifor.or.id) – Salah seorang peneliti B2P2BPTH, Dr. Ir. Asri Insiana Putri, MP meraih gelar Best Paper Award, pada 1st Global Conference on Health, Agriculture and Enviroment Science (GCHAES) 2018. Makalahnya yang berjudul “Sprouting Ability in Micropropagation of Leban (Vitex pubescens) : The Medicinally Important Tree” mendapat gelar paper terbaik untuk kategori Agriculture. Event ini memberi penghargaan kepada paper terbaik pada kategori bidang Health, Life Science, Agriculture, dan Environmental Science.

Kamis , 5-Juli-2018
Si "JAINAL", ALAT MONITOR PEJABAT FUNGSIONAL

YOGYA (biotifor.or.id) – Sistem Informasi Jabatan Fungsional atau lebih mudahnya disingkat dengan Si Jainal, secara umum dapat meningkatkan efektifitas manajemen kepegawaian khususnya dalam pengelolaan jabatan fungsional. “Secara internal hadirnya Si Jainal diharapkan mampu menjadi alat monitoring mandiri para pejabat fungsional”, tutur Priyo Kusumedi, S.Hut.,MP, Kabag Umum B2P2BPTH Yogyakarta di sela-sela kesibukannya, Rabu (04/07/2018).


Hal 1 dari 22
Hal