HIMPUNAN PENELITI INDONESIA DIY GELAR SEMINAR NASIONAL INOVASI DAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID

ADMIN | Rabu , 25-Agust-2021

 

BIOTIFOR - Indonesia memiliki sumberdaya yang cukup, baik sumberdaya manusia maupun alam dalam menghadapi pandemi Covid-19, namun agar sumberdaya tertata dengan baik untuk menghadapi Covid-19  masih  memerlukan  waktu.  Oleh karena itu, Pemerintah tidak hanya  memacu  bagaimana  cara menurunkan jumlah korban atau penderita, tetapi juga bagaimana berbagai riset dilakukan, baik terkait dengan  evaluasi  dan  dampak  Covid-19  maupun  inovasi  dan  teknologi  pencegahan  dan  penanganan Covid 19 dengan mendayagunakan sumberdaya yang ada.

Pandemi Covid 19 telah menimbulkan dampak yang luas pada berbagai sektor kehidupan dan mempengaruhi perubahan tatanan kehidupan. Pandemi Covid-19  tidak hanya menjadi isu  di  bidang kesehatan,  tetapi juga merupakan isu multidimensi yang bersinggungan dengan  ekonomi, politik, sosial budaya  dan  lingkungan. Oleh karena itu, dampaknya pada pembangunan baik di tingkat internasional, regional dan  nasional tak dapat dihindari.  Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, HIMPENINDO DIY menyelenggarakan sebuah Seminar Nasional dengan tema “INOVASI DAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19”.

Baca juga: http://warta-jogja.com/seminar-nasional-himpunan-peneliti-indonesia-himpenindo-diy-dengan-tema-inovasi-dan-teknologi-pada-masa-pandemi-covid-19/#more-12049

Seminar Nasional tersebut bertujuan  untuk  berbagi  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  serta  melakukandiskusi dan  penyebarluasan  hasil  kegiatan penelitian pada masa Pandemi Covid-19.  Seminar Nasional ini  diselenggarakan  selama  satu  hari,  pada  tanggal  24  Agustus  2021  dan  dilaksanakan  secara  virtual (online). 

“Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberi manfaat kepada para peneliti agar dapat menghasilkan inovasi dan teknologi riset yang semakin baik serta berkualitas,” ungkap Prof. Gunawan selaku Ketua Himpenindo DIY saat membuka acara seminar nasional yang bertempat di ruang seminar Biotifor Jogja.

Baca juga: https://kabarhandayani.com/himpenindo-diy-gelar-seminar-inovasi-dan-teknologi-pada-masa-pandemi-covid-19/

Pada pembukaan seminar terdapat 2 (dua) Pembicara Utama, yaitu Prof. Dr. Kuwat Triyana (Inventor G-Nose Covid 19) yang menyampaikan paparan berjudul “Mengawal Produk Inovasi Alat Keshatan” dan Dr. Mego Pinandito, M. Eng (Sekretaris Utama BRIN) menyampaikan paparan berjudul “Riset Inovasi Bidang Kesehatan: Penanganan Pandemi Covid 19”.

Selain mendukung acara melalui penyediaan fasilitas ruang seminar dan jaringan internet, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR) Jogja juga menampilkan wakil peneliti terbaiknya pada acara tersebut, diantaranya adalah  Yayan Hadiyan, S,Hut, M,Sc sebagai wakil dari Ketua Panitia Seminar Dr. Asep Nurhikmat, S.TP, MP, kemudian Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP sebagai Ketua Tim Prosiding, tim perumus sekaligus moderator Room 1, dan Prof. Dr. Liliana Baskorowati, S.Hut, MP sebagai tim perumus sekaligus moderator Room 3.

Seminar ini diikuti kurang lebih 250 peserta dari seluruh peneliti, akademisi, praktisi pada institusi bidang pemerintah, LSM, Mahasiswa lingkup DIY dan Seluruh Indonesia serta terdapat 33 pemakalah oral dari berbagai institusi dan bidang kepakaran.

 

Sumber: Press Release Seminar Nasional Himpenindo DIY

 


Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA)
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia) 

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email               breeding@biotifor.or.id

Website www.biotifor.or.id

Instagram https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal        http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index