ALIH TEKNOLOGI PROSES PEMBUATAN BIODISEL NYAMPLUNG DI LAB BIOENERGI BBPPBPTH

ADMIN | Jumat , 12-Nov-2021

Biotifor.or.id -- Nyamplung merupakan sumberdaya hutan potensial karena buah nyamplung menghasilkan rendemen minyak yang tinggi dan potensial untuk bioenergi dan biofarmaka. Selain itu tanaman ini berbuah sepanjang tahun dan produksi buahnya tinggi, tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan bukan merupakan sumber pangan sehingga dapat leluasa untuk diolah minyaknya menjadi biodiesel (bahan bakar nabati untuk aplikasi mesin/motor diesel).

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP mengawali kegiatan Alih Teknologi Litbang jenis Nyamplung kerjasama BBPPBPTH Yogyakarta dan Pusat Studi Rehabilitasi Hutan Tropika Humida Universitas Mulawarman (PUSREHUT-UNMUL) Samarinda. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 09 -11 Nopember 2021 di Laboratorium Bioenergi BBPPBPTH Yogyakarta.

Lebih lanjut Prof Budi menjelaskan bahwa hasil pengolahan buah nyamplung selain sebagai biodiesel ternyata limbahnya pun bermanfaat lho #sobatbiotifor, limbah cangkangnya digunakan sebagai pakan ternak dan kompos sedangkan limbah pengolahan minyaknya bisa dimanfaatkan sebagai sabun ataupun minyak tamanu yang digunakan untuk kecantikan (menghaluskan kulit wajah).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama litbang jenis Nyamplung pada lahan terdegradasi di lahan ex- kebakaran antara BBPPBPTH dengan PUSREHUT-UNMUL) Samarinda, dimana saat ini plot pertanaman nyamplung yang dibangun tahun 2018 di lokasi PUSREHUT telah berbuah.

Peserta presentasi alih teknologi ini selain dosen dan staf Pusrenhut-Unmul Samarinda, ada juga mahasiswa penelitian dari Fakultas MIPA-Kimia UGM dan siswi PKL dari SMK Kimia Yogyakarta.

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email breeding@biotifor.or.id

Website www.biotifor.or.id

Instagram  https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook  www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index