BIOTIFOR HADIR DALAM ACARA WORKSHOP DAN FELLOWSHIP TAK HANYA SAWIT, INDONESIA KAYA BERAGAM BAHAN BAKAR NABATI

ADMIN | Kamis , 18-Nov-2021

Biotifor.or.id -- Workshop dan Fellowship yang bertemakan Tak Hanya Sawit, Indonesia Kaya Beragam Bahan Bakar Nabati yang diselenggarakan oleh Mongabay Indonesia dan Yayasan Madani Berkelanjutan secara virtual, Rabu 17 November 2021.

Salah satu peneliti ahli utama di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Biotifor) Prof Budi Leksono menjadi narasumber acara Workshop and Fellowship tersebut.

Dalam acara tersebut Prof Budi menyampaikan materi mengenai Produktivitas Nyamplung sebagai salah satu sumber energi nabati potensial.  Tiga narasumber lainnya, yaitu Himlal Baral PhD, peneliti perubahan iklim, energi dan karbon rendah CIFOR; Fadli Ahmad Naufal, GIS Specialist Yayasan Madani Berkelanjutan; dan Jaya Wahono, Dirut PT Clean Power Indonesia.

Latar belakang dilaksanakan acara ini, melihat konsumsi energi sebagai salah satu penyumbang emisi di dunia termasuk Indonesia. Indonesia masih menggantungkan sumber energi dari bahan bakar fosil, seperti batubara. Padahal, Indonesia itu terkenal dengan negeri mega sumber energi terbarukan, artinya, sumber energi terbarukan melimpah, baik dari surya, air, angin termasuk dari bahan bakar nabati.

Khusus bahan bakar nabati, begitu banyak sumber yang bisa digunakan diantaranya jenis tanaman kemisi sunar, nyamplung, bambu, jatrofa, gula tebu, saga utan, dan kecipir. Kelor, kenari, kapok, tengkawang tungkul, tengkawang terindak, mindi, margosa, bengku, rambutan, sirsak, wijen dan lain-lain.

Yayasan Madani menyebut biofuel adalah bahan bakar yang berasal dari biomassa atau materi yang berasal dari tumbuhan dan hewan, namun lebih cenderung dari tumbuhan (nabati), yang terbagi beberapa jenis seperti bioetanol, biogas, dan biodiesel.

Acara webinar ini bertujuan untuk mendorong perkembangan dan mengetahui situasi terkini road map energi di Indonesia, khususnya yang bersumber dari bahan baku nabati.  Diharapkan acara ini dapat mengajak peserta untuk membangun diskursus bahwa Indonesia kaya dengan limpahan berkah dengan beragam sumber energi nabati, tak hanya sawit, yang seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal.

Link terkait: https://www.antaranews.com/berita/2529137/peneliti-klhk-perlu-strategi-jadikan-nyamplung-bahan-bakar-nabati

 

 

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BIOTIFOR YOGYA):
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email breeding@biotifor.or.id

Website www.biotifor.or.id

Instagram https://www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index