RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN STATISTIK

ADMIN | Selasa , 24-Mei-2022

BBPSIK Jogja -- Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak “Kutipan dari Presiden Jokowi dalam pencanangan sensus penduduk 2020 (24/1)”

Bertempat di Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3E Jawa), Pusat Data Informasi KLHK mengundang UPT KLHK lingkup DIY untuk menghadiri Rapat Koordinasi Penyusunan Statistik LHK 2021 dan Status Lingkungan Hidup Indonesia 2021 pada Senin, 23 Mei 2022.

Acara dibuka oleh Dr. Abdul Muin, M.Si, selaku Kepala P3E Jawa berharap kepada Pusdatin, agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan untuk seluruh Ekoregion Jawa untuk mendukung tujuan terbentuknya Satu Data Indonesia Kementerian LHK dan Statistik Kementerian LHK, yang nantinya dapat disajikan baik dalam bentuk hardfile (buku) maupun softfile yang dapat diakses melalui media elektronik (digital information).

Tim Pusdatin yang dipimpin Dedy Lukmansjah, S.Si (Ahli Muda Statistisi) menyampaikan Materi “Satu Data Indonesia KLHK & Statistika KLHK Tahun 2021” dengan beberapa kendala seperti data yang belum berkualitas, sistem database sektoral yang belum terpadu, data yang sulit diakses dan tidak terintegrasi, ketidakjelasan unit pengelolaan data. Komitmen Satu Data Indonesia KLHK sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang “Satu Data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola Data yang dihasilkan oleh Instansi Pusat dan Instansi Daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan”.

Paparan kedua disampaikan Herti Winastuti R, S.Hut MM (Ahli Muda Statistisi) dengan materi “Status Lingkungan Hidup Indonesia Tahun 2021”. SLHI  adalah laporan pemerintah RepublikIndonesia mengenai kondisi lingkungan hidup Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian LHK yang  disajikan  dalam kerangka Driving Force-Pressure-State-Impact-Response (DPSIR).

 

 


 

 

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta:
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                bbpsikjogja@gmail.com

Website             www.jogja.bsilhk.menlhk.go.id

Instagram         https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          https://www.facebook.com/bbpsikyogyakarta/

Twitter              : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal           http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index