BBPSIK JOGJA SIAP BERKONTRIBUSI DALAM PENYUSUNAN STANDAR INSTRUMENT PEMBANGUNAN IKN

ADMIN | Rabu , 25-Mei-2022

BBPSIK Jogja --- “BBPSIK Jogja siap berkontribusi dan berperan dalam perumusan standar instrumen untuk pembangunan IKN khususnya mendukung pengujian dan validasi standar instrumen. BBPSIK akan berperan dalam penyusunan standar pengelolaan persemaian modern; standar pembuatan bibit untuk lanskap perkotaan; standar pembangunan ruang terbuka hijau dan standar pengelolaan koridor satwa”.

Pernyataan ini disampaikan Retisa Muatiaradevi, Plt Kepala BBPSIK saat review setelah kunjungan sekaligus orientasi lapangan di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di kabupaten Penajam Paser Utara, Kecamatan Penajam dan Sepaku, Kalimantan Timur pada tanggal 21 Mei 2022.

Kunjungan lapangan ini dilaksanakan dalam rangkaian observasi komprehensif BSILHK yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK, Ary Sudjianto bersama seluruh pusat serta pakar dan tim perumus standar.

Tim BBPSIK terdiri dari Plt Kepala BBPSIK, Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen serta Para Kepala Substansi. Dalam observasi lapangan BBPSIK bersama Pusat Standar dan Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim memotret langsung kondisi di lapangan serta mengumpulkan data dan informasi kebutuhan standar instrumen untuk memastikan standar dan intrumen yang disusun dapat diterapkan untuk mendukung pembangunan IKN.

Dengan melihat kondisi dan fakta lapangan yang ada, maka perlu dilihat kembali draft standar instrument yang telah disusun untuk dilakukan penyempurnaan.

Dalam rencana induk pembangunan IKN telah dijelaskan bahwa IKN akan memadukan tiga konsep perkotaan, yaitu IKN sebagai kota hutan (Forest city), kota spons (Sponge city) dan kota cerdas (Smart city). Tujuannya adalah untuk membangun ibu kota dengan meminimalisir dampak negative terhadap lingkungan sekitar.

Setelah kunjungan di titik nol IKN, lanjut ke lokasi pemanfaatan eks PT ITCI Hutani Manunggal (IHM), Menara api, lokasi rehabilitasi lahan dengan jenis-jenis asli Kalimantan, dan koridor satwa.

Sehari sebelumnya tim BBPSIK bersama tim Pustarhut menyempatkan untuk mengunjungi lokasi persemaian Mentawir. Persemaian Mentawir ini di rancang untuk meyiapkan bibit tanaman untuk keperluan pembangunan IKN. Persemaian ini akan dibangun diatas lahan seluas 32,5 ha dengan kapasitas produksi 15 juta bibit per tahun.

Dalam diskusi lanjutan Kepala Balai Penerap Standar Instrumen LHK Samboja, Ishak Yassir selaku satker BSI yang paling dekat dengan lokasi IKN menyampaikan masukan bahwa jenis pohon yang akan diprioritaskan untuk penanaman berupa tumbuhan jenis endemik Kalimantan, tumbuhan jenis asli Kalimantan, tumbuhan pangan, tumbuhan yang mendukung pembangunan koridor satwa dan jenis tumbuhan yang bersifat penolak serangga terutama nyamuk, karena ada bagian wilayah tertentu di IKN yang rentan dengan kasus malaria.

Sementara itu manajer lapangan PT IHM, Noor Fuad menyampaikan perlunya standar penebangan yang tepat untuk memanfaatkan kayu tanaman Eucalyptus yang ada dalam Kawasan IKN ini. Perusahaan siap untuk memberikan informasi dan melaksanakan semua arahan di lapangan untuk penerapan standar yang akan disusun.

Berdasarkan temuan dan diskusi di lapangan, informasi dan data yang diperoleh akan menjadikan masukan untuk perbaikan standar instrumen yang disusun serta bahan penyusunan pedoman penerapannya secara lebih detil. Hal ini dilakukan agar user penerap standar tinggal menerapkan dan memiliki persepsi yang sama mengenai standar yang disusun.

 

 

Reportase:

Khuswantoro Akhadi, S.Hut. M.A.P

Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Kesesuaian Standar Instrumen  BBPSIK Yogyakarta

 

Penyaji:

Endang Dwi Lestari (Pustakawan BBPSIK)

   

Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta :
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080 Fax. (0274) 896080

Email                     bbpsikjogja@gmail.com

Website                 www.jogja.bsilhk.menlhk.go.id

Instagram             https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook              https://www.facebook.com/bbpsikyogyakarta/

Twitter                  : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube               http://youtube.com/c/BiotiforJogja

E-Journal             http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index