PENERAPAN STANDAR UNTUK LINGKUNGAN HIDUP YANG LESTARI

ADMIN | Senin , 30-Mei-2022

BBPSIK Jogja - Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) yang baru dibentuk ini untuk memastikan pelaku-pelaku usaha, dalam melakukan kegiatan terutama di bidang kehutanan sesuai dengan standar-standar yang berlaku, agar tidak merusak lingkungan/hutan atau lingkungan hidup yang kita manfaatkan itu lestari.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta dalam Forum Group Discussion (FGD) Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pengujian dan Validasi SNI 8013:2014, di KHDTK Sumberwringin, secara daring, Senin (30/05/2022).

Menurut Retisa dalam sambutannya, BBPSIK Yogyakarta mendapatkan amanah untuk melaksanakan kegiatan prioritas nasional lingkungan hidup dan kehutanan, dengan judul Pengujian dan Validasi pengujian Standar Pengelolaan Pariwisata Alam SNI 8013:2014 di KHDTK Sumberwringin menuju KHDTK Mandiri. Pada kegiatan ini BBPSIK Yogyakarta akan bekerjasama dengan Pusat SIKBPI, Pusat SIKLH dan Sekretariat BSILHK.

Lebih lanjut Retisa mengatakan bahwa, KHDTK Sumberwringin ini akan menjadi satu rangkaian dengan wisata alam yang ada di Ijen Geopark. Selain pihak Ijen Geopark, masyarakat sekitar dan BUMDes Sumberwringin yang merupakan binaan Dinas Pariwisata Prov. Jatim dan Perum Perhutani KPH Bondowoso, juga sangat antusias untuk membangun komitmen dalam rangka memanfaatkan potensi yang ada di KHDTK Sumberwringin.

Pada FGD kali ini narasumber yang hadir adalah:

1) Indiyah Hudiyani – Pusat FPSILHK (Proses Pengujian dan Validasi Standar)

2) Prof. Dr. Ir. E.K.S. Harini Muntasib, MS - IPB University (SNI pengelolaan Wisata Alam)

3) Prof. Dr. Ir. Subarudi, M.Wood.Sc – BRIN (Rencana Pengelola KHDTK untuk Penerapan SNI PPA 8013-2014 di Areal KHDTK)

3) Ir. Suwartono – Pakar/Praktisi (Pengujian dan Validasi Standar Instrumen Penerapan SNI: 8013 – 2014 Tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi Di Kawasan Konservasi)

 

Harapannya, setelah pertemuan ini BBPSIK dapat segera melaksnakan tugas-tugas di lapangan maupun tugas-tugas lain terkait Pelaksanaan Kegiatan Pengujian dan Validasi SNI 8013:2014, di KHDTK Sumberwringin.

Diskusi berjalan cukup efektif, dipandu oleh Khuswantoro Akhadi sebagai moderator, diakhir diskusi ia menekankan bahwa selanjutnya kita bersama-sama melakukan upgrade, bagaimana KHDTK Sumberwringin dapat dikelola dengan baik dari sisi pariwisata alamnya, sehingga dapat memenuhi SNI.

Jadi dalam hal ini ada dua arah perbaikan, yaitu bagaimana pengelola memperbaiki kondisi tingkat tapak di lapangan dan bagaimana melihat sebuah SNI dapat diterapkan secara mudah, pungkas Kepala Bidang Pengujian dan Validasi Metode Verifikasi Penilaian Kesesusuaian Standar Instrumen ini.(***mna)

 

 

 


Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) Yogyakarta :
Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta (Indonesia)

Telp. (0274) 895954; 896080.

Email                bbpsikjogja@gmail.com

Website            www.jogja.bsilhk.menlhk.go.id

Instagram         https://www.instagram.com/bbpsik_jogja/

Facebook          https://www.facebook.com/bbpsikyogyakarta/

Twitter             : https://twitter.com/bbpsik_jogja

Youtube            https://www.youtube.com/c/BBPSIKJogja

E-Journal          http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index