Berita

Kamis , 30-Juni-2022
PEMBAHASAN RPK IKN

BBPPSIK Jogja – ”Sesuai tugas dan fungsi dari Balai Besar itu kita melakukan validasi terhadap standar-standar yang akan dikembangkan, jadi untuk WG (working group) ini kita menjalankan fungsi validasinya” ungkap Retisa Mutiaradevi, Plt. Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) dalam pembukaan Pembahasan RPK Pengujian Validasi IKN, Rabu 29 Juni 2022.

Rabu , 15-Juni-2022
KUNJUNGAN CIFOR DAN NIFoS

BBPSIK Jogja menerima kunjungan kehormatan dari ilmuwan senior Center for International Forestry Research (CIFOR) Himlal Baral, Phd. dan Dr. Mihyun Seol bersama Presiden dari National Institute of Forest Science (NIFoS) yaitu Dr. Hyun Park serta ilmuwan NIFoS  Dr. Hyungsoon Choi  Selasa, 14 Juni 2022 bertempat di Ruang Rapat. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjajagi potensi kerjasama antara BBPSIK, CIFOR dan NIFoS.

Jumat , 10-Juni-2022
RANGKAIAN PEMBINAAN DAN PERPISAHAN PEGAWAI BBPSIK 2022, ”DO THE BEST AND BE THE BEST”

BBPPSIK Jogja - ”Kita harus memiliki jiwa Babes, Jiwa korsa tidak hanya sektoral jadi kita harus saling mendukung satu sama lain”, ujar Retisa Mutiaradevi, Plt. Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) pada Pembinaan Pegawai, Kamis 09 Juni 2022.

Jumat , 3-Juni-2022
ALIH JABATAN FUNGSIONAL, PEGAWAI BBPSIK TERIMA SK

BBPSIK Jogja -- Hari ini merupakan hari bahagia untuk beberapa pegawai BBPSIK. Para pegawai yang alih jabatan fungsional dari peneliti dan teknisi litkayasa, selaras dengan perubahan tupoksi kantor yang awalnya Penelitian dan Pengembangan yang beralih menjadi Standar Instrumen Kehutanan secara SAH mendapatkan SK.

Selasa , 31-Mei-2022
SOSIALISASI KEUANGAN

BBPSIK Jogja -- Selasa (31/06/2022) BBPSIK melaksanakan “Sosialisasi Pembinaan Pengelola Keuangan” dengan narasumber seorang Analis Pengelolaan Keuangan APBN Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bapak Kustiyana, SE. AKT. MSE

Senin , 30-Mei-2022
PENERAPAN STANDAR UNTUK LINGKUNGAN HIDUP YANG LESTARI

BBPSIK Jogja - Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) yang baru dibentuk ini untuk memastikan pelaku-pelaku usaha, dalam melakukan kegiatan terutama di bidang kehutanan sesuai dengan standar-standar yang berlaku, agar tidak merusak lingkungan/hutan atau lingkungan hidup yang kita manfaatkan itu lestari

Jumat , 27-Mei-2022
SOSIALISASI ANALIS KEBIJAKAN

BBPSIK Jogja --  Jumat (27/05/2022) Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK) mengadakan sosialisasi analis kebijakan dengan narasumber Ir. Djati Wicaksono Hadi, M.Si. IPU. Mantan Kepala Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang saat ini menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Utama ini menyampaikan bahwa saat ini baru ada 24 pejabat analis kebijakan dan 11 dalam proses sehingga masih membuka peluang banyak untuk fungsional analis kebijakan.

Rabu , 25-Mei-2022
BBPSIK JOGJA SIAP BERKONTRIBUSI DALAM PENYUSUNAN STANDAR INSTRUMENT PEMBANGUNAN IKN

BBPSIK Jogja --- “BBPSIK Jogja siap berkontribusi dan berperan dalam perumusan standar instrumen untuk pembangunan IKN khususnya mendukung pengujian dan validasi standar instrumen. BBPSIK akan berperan dalam penyusunan standar pengelolaan persemaian modern; standar pembuatan bibit untuk lanskap perkotaan; standar pembangunan ruang terbuka hijau dan standar pengelolaan koridor satwa”.

Selasa , 24-Mei-2022
RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN STATISTIK

BBPSIK Jogja -- Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak “Kutipan dari Presiden Jokowi dalam pencanangan sensus penduduk 2020 (24/1)”

Bertempat di Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3E Jawa), Pusat Data Informasi KLHK mengundang UPT KLHK lingkup DIY untuk menghadiri Rapat Koordinasi Penyusunan Statistik LHK 2021 dan Status Lingkungan Hidup Indonesia 2021 pada Senin, 23 Mei 2022.

Selasa , 17-Mei-2022
WORKSHOP MENULIS POPULER BSILHK

BBPSIK Jogja -- Pada Kamis, 12 Mei 2022 para pegawai BBPSIK yang work from office mengikuti acara Workshop Menulis Populer "Produktif, Menarik, Berkualitas" secara virtual.

Selasa , 17-Mei-2022
MEMBANGUN STANDAR FOREST CITY UNTUK IKN NUSANTARA

BBPSIK Jogja - Fokus perencanaan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dititik beratkan pada upaya mempertahankan dan merestorasi hutan dengan menggunakan pendekatan landscape yang terintegrasi. Bentang landscape terstruktur hutan di IKN dan wilayah sekitarnya akan dipertahankan dan direstorasi untuk menciptakan gaya hidup baru IKN yang berdampingan dengan alam.

Selasa , 15-Maret-2022
RANGKAIAN HBR 2022 "Kerja Bakti BBPSIK & Lomba Pidato Lingkup BSILHK"

BBPSIK Jogja - Kabut syahdu pagi ini tidak menghalangi semangat para rimbawan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Plt. Kepala BBPSIK, Retisa Mutiaradevi, S.Kom., M.CA secara langsung memimpin jalannya kegiatan kerja bakti di lingkungan Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan, Selasa 15 Maret 2022.

Jumat , 11-Maret-2022
HUTAN PELANGI KHDTK BONDOWOSO, SALAH SATU SITUS POTENSI IJEN GEOPARK

BBPSIK Jogja -- Rombongan pengurus harian Ijen Geopark wilayah Bondowoso yang dipimpin oleh Ahmad Sofyan, S.T. hari Kamis 10/3 2022 berkunjung ke BBPSIK Jogja untuk membahas Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait pemanfaatan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Bondowoso.  .

Pada kesempatan ini Sofyan menyampaikan bahwa pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan geopark dan bentuk turunannya, sehingga diharapkan adanya kerjasama antar pemangku kepentingan dalam hal ini BBPSIK sebagai pengampu biosite hutan pelangi di KHDTK Bondowoso sumberwringin, Jawa Timur.

Rabu , 9-Maret-2022
RENCANA BANGUN KBS SENGON DAN KONSULTASI KULTUR JARINGAN, BPDASHL UNDA ANYAR KUNJUNGI BBPSIK

BBPSIK Jogja - Selasa (08/03/2022) Tim dari BPDASHL Unda Anyar Bali berkesempatan berkunjung di BBPSIK Jogja. Tim yang dikomandani langsung oleh Ibu Kepala Balai, Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si ini berniat untuk membangun Sumber Benih.

Jumat , 25-Feb-2022
WAMEN KUNJUNGI DAN PROMOSIKAN KAWASAN WISATA MANGUNAN

BBPSIK Jogja - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong, berkesempatan untuk mengunjungi kawasan Wisata Mangunan, Dlingo Bantul Yogyakarta, Rabu, 23 Februari 2022.

Dalam kunjungan pertama, Wamen singgah di Taman Hobbit Mangunan untuk mendengarkan paparan singkat dari Kepala Dinas LHK Yogyakarta dan pengelola kawasan wisata Mangunan. Disela-sela mendengarkan paparan dan diskusi tersaji hidangan kopi khas mangunan, serta minuman dan snack tradisional.

Kamis , 24-Feb-2022
KLHK, DUKUNG DEKLARASI PEDULI HUTAN DAN GERAKAN TANAM NUSAKU

BBPSIK Jogja - Bertempat di Desa Wunung Wonosari, Selasa, 22/02/2022, telah dilaksanakan Deklarasi Deklarasi Peduli Hutan dan Gerakan Tanam Nusaku yang diinisiasi oleh Yayasan Peduli Hutan Indonesia.

Hadir dalam Deklarasi ini Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Tenaga Ahli, Anggota DPR RI Komisi IV, Wakil Bupati Gunung Kidul, Forkominda, UPT KLHK termasuk Plt. Kepala BBPSIK Yogyakarta, dan masyarakat. Deklarasi ini dipimpin langsung oleh Dr. Ir. Transtoto Handadhari selaku ketua.

Rabu , 23-Feb-2022
SOSIALISASI TUSI BBPSIK DAN PEMBINAAN PEGAWAI LINGKUP BBPSIK JOGJA

BBPSIK Jogja – “Bika Ambon dari Medan, Dangkot dari Toraja, Selamat Datang Bapak Kepala Badan di Kantor BBPSIK Jogja”. Itulah sepenggal sapaan hangat dari MC pada acara Sosialisasi Tugas dan Fungsi BBPSIK dan Pembinaan Pegawai Lingkup BBPSIK, Rabu (23/02/2022).

Jumat , 4-Feb-2022
KOMITMEN KLHK, GUBERNUR DIY, KOMISI IV DPR RI DAN PERUSAHAAN DALAM REHABILITASI DAS KAWASAN MENOREH

BBPSIK Jogja - Setelah mendapat kunjungan kehormatan dari 3 Menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Menteri Agraria dan Tata Ruang; serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada akhir bulan lalu, kali ini Daerah Istimewa Yogyakarta menerima kunjungan kerja Komisi IV DPR RI (4/2).

Minggu , 30-Jan-2022
TIGA MENTERI DAN GUBERNUR DIY CANANGKAN HUTAN KEISTIMEWAAN NANGKA

BBPSIK Jogja - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ibu Dr. Ir Siti Nurbaya Bakar, Msc dan rombongan mengunjungi lokasi Pencanangan Hutan Keistimewaan Nangka di Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (29/01/2022).

Pada kunjungan kerja 3 Menteri, yaitu Menteri LHK, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan jajarannya melaksanakan pencanangan Hutan Keistimewaan Wana Boga dengan penanaman jenis tanaman nangka.

Jumat , 28-Jan-2022
KOPERASI WANA MANDIRI MILIK ANGGOTA DAN UNTUK ANGGOTA

BBPSIK Jogja --- Anggota koperasi adalah pemegang kekuasaan tertinggi, sehingga maju dan tidaknya, sukses dan gagalnya koperasi sangat tergantung keaktifan anggota. Dan nanti hasilnya juga untuk anggota. Pernyataan ini disampaikan Prof (Ris) AYPBC Widyatmoko pada saat menyampaikan laporan pengawas pada acara Rapat Anggota Tahunan KPRI Wana Mandiri Tahun Buku 2021 yang dilaksanakan secara virtual menggunakan media Zoom meeting pada hari Kamis 27 Januari 2022.


Hal 1 dari 34
Hal